nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Nenek Ini Sosok Pengisi Suara Penanda 'Pintu Bioskop Telah Dibuka'

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 02:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899656 ternyata-nenek-ini-sosok-pengisi-suara-penanda-pintu-bioskop-telah-dibuka-qucC687gOw.jpg Maria Oentoe, sosok di balik suara di bioskop (Foto: Ist.)

BAGI yang sering menonton film di bioskop, tentu sudah sering mendengar suara merdu yang memberitahukan pintu studio sudah dibuka. Suara wanita ini selalu diputar selama kurang lebih 10 menit sebelum film diputar.

Kata-katanya kurang lebih seperti ini, "Mohon perhatian Anda. Para penonton yang telah memiliki tiket, dipersilakan memasuki ruangan teater."

Percaya atau tidak, suara tersebut ternyata telah direkam sejak tahun 1986, dan masih sering digunakan oleh sejumlah bioskop di Tanah Air hingga saat ini.

 (Baca Juga:600 Tamu Undangan Royal Wedding Pangeran Harry-Meghan Markle Harus Patuhi Peraturan Ini)

Nah, beberapa waktu lalu, sosok wanita bersuara merdu itu kembali menjadi pebincangan hangat di kalangan netizen setelah video dirinya mendadak viral di berbagai media sosial.

 

Dikutip Okezone dari berbagai sumber, Jumat(18/5/2018), sosok wanita tersebut diketahui bernama Maria Oentoe yang lahir pada tahun 1948. Ia merupakan aktris pendukung film dan sempat beradu akting bersama sejumlah aktris legendaris Indonesia. Sebut saja Gladys Suwandhi, Marissa Haque, Meriam Bellina, Mieke Widjaya, Mila Karmila, hingga Zainal Abidin Domba.

 (Baca Juga:Nyatakan Pensiun dari Dunia Hiburan, Diana Pungky Buka Peruntungan di Bisnis Kecantikan)

Maria Oentoe juga pernah membintangi beberapa judul film, seperti Badai Pasti Berlalu (1977), Yang Masih di Bawah Umur (1985), Pernikahan Dini (1987), dan Ca Bau Kan (2002).

Selain berprofesi sebagai aktris, Maria juga dikenal sebagai perintis profesi sulih suara atau dubbing di radio Indonesia. Karya-karya dubbingnya antara lain Tutur Tinular dan Saur Sepuh.

Beberapa anime Jepang juga sukses ia alih suarakan ke dalam Bahasa Indonesia seperti Lady Oscar, Kung Fu Boy, Cardcaptor Sakura, Super Gals!, Kotobuki Ran, Death Note, Kiba, Evangelion, dan PreTear.

Pada tahun 2015 lalu, Maria menerima anugerah Lifetime Achievement dari Komisi Penyiaran Indonesia. Di usia senjanya, ia kini lebih banyak menghabiskan waktu di gereja untuk melatih vokal orang-orang agar bisa membaca firman alkitab dengan baik dan benar.

 

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini