Image

Dianggap Tak Sesuai Janji, Regulator Inggris Minta Teh Ini Ditarik

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 09:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 298 1899283 dianggap-tak-sesuai-janji-regulator-inggris-minta-teh-ini-ditarik-d8D5uMBJvC.jpg Teh Pukka. (Foto: Metro)

SALAH satu produsen teh, Pukka, harus menghentikan iklan produk mereka yang diklaim bisa berguna sebagai Detox. Sebagaimana diketahui, mereka menjual berbagai macam teh dengan nama yang terdengar sehat seperti ‘Cleanse, Lean Green dan Detox’.

Namun mereka harus berhenti menggunakan nama tersebut dalam strategi pemasaran mereka di masa depan. Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh Advertising Standarts Authority (ASA), sebuah badan yang mengatur regulasi di Inggris. Mereka memutuskan hal itu setelah dua orang mencoba apakah teh tersebut benar-benar bisa mendetoksifikasi.

Peraturan UE menuntut perusahaan hanya menggunakan klaim kesehatan atau nutrisi yang telah teruji, karenanya kata Detox di kemasan tersebut tidak boleh digunakan. Akibatnya, Pukka pun harus menarik semua produknya yang beredar hingga 2022. Pasalnya fungsi teh tersebut sama sekali berbeda dengan apa yang tertulis.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Digital di Jakarta yang Wajib Dikunjungi Biar Makin Hits

(Foto: Instagram)

“Kami telah memberitahu perusahaan yang bersangkutan untuk tidak membuat referensi tentang manfaat umum makanan untuk kesehatan. Kecuali, klaim tersebut disertai dengan bukti kesehatan atau nutrisi yang benar,” tulis sebuah pernyataan yang dibuat ASA, melansir dari Metro.

Meski demikian Direktur Herbal Pukka, Euan MacLenna, tidak ambil pusing terkait putusan tersebut. Dia yakin produknya telah melewati serangkaian pengujian dan telah lolos dalam standar perdagangan UE dan bisa diperdagangkan di Inggris hingga 2022.

Oleh karena itu, mereka pun akan terus menjual produknya hingga batas waktu yang telah disepakati sebelumnya. Dia pun mengimbau konsumennya bertindak selektif untuk memilih yang terbaik bagi kesehatannya.

Baca Juga: Tetap Intim Bersama Pasangan meski Tanpa Seks di Bulan Ramadan

(Foto: Metro)


Putusan dari ASA bertentangan dengan putusan sebelumnya dari Standar Perdagangan (UE) dan hanya terkait dengan iklan. Yang jelas, produk kami ini akan terus dijual di Inggris, sebagaimana yang diizinkan oleh standar perdagangan hingga 2022,” tegas Euan.

“Di Pukka, kami mendukung pendekatan yang masuk akal dan proporsional untuk kesehatan. Ini termasuk pilihan setiap orang untuk detoks atau membersihkan tubuh mereka,” lanjutnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini