nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Bandeng Kremes Lezat, Cocok untuk Menu Berbuka

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 13:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 298 1899354 resep-bandeng-kremes-lezat-cocok-untuk-menu-berbuka-pwVn8ZNtyq.jpg Bandeng Kremes. (Foto: Cooker)

PENCINTA masakan ikan tentunya sangat bosan dengan olahan makanan yang itu-itu saja. Bandeng merupakan salah satu makanan favorit yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tekstur daging bandeng yang empuk dan sangat lezat, membuatnya dipilih sebagai salah satu ikan favorit yang paling sering dimasak.

Biasanya, makanan yang terbuat dari ikan adalah pepes dan sup. Namun, dengan resep yang kreatif, bandeng rupanya bisa menjadi olahan lain yang jarang dimasak. Salah satunya adalah bandeng kremes.

Bukan hanya ayam yang enak dimasak menggunakan kremesan, bandeng pun rupanya sangat lezat disajikan dengan kriukan. Tentu saja menu ini bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bosan bagi para pencinta masakan berbahan dasar ikan.

Apa saja bahan-bahannya, Okezone akan memberikan tips cara memasak bandeng kremes lezat yang menggugah selera. Yuk, disimak cara membuatnya.

Baca Juga: Lewat Baju, Designer Ini Ingin Ciptakan Alam yang Asri dan Hijau!

 

(Foto: glutenfreedelightfullydelicious)

Bahan:

1 ekor bandeng segar

1 sdm air jeruk nipis

50 gram tepung tapioka

25 gram tepung beras

2 telur ayam

100 ml santan encer

Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

2 siung bawang putih, iris

1 siung bawang merah, iris

1 cm jahe, iris

1 cm kunyit, iris

1 sdm garam

1 batang serai, iris bagian dalam

Baca Juga: 10 Masjid dengan Arsitektur Menawan di Indonesia, Nomor 8 Paling Unik

(Foto: lihatresep.com)

Cara membuat:

1.Bandeng yang sudah dibersihkan ditarik kepala dan ekornya secara serempak hingga berbunyi “krek” pertanda bahwa duri dan dagingnya terpisah.

2.Potong bandeng menjadi 10 bagian (ketebalan 1 cm). Lalu lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama 30 menit.

3.Masukkan dalam baskom: bumbu yang sudah dihaluskan, santan, dan telur ayam, kocok sampai bumbu tercampur rata. Masukkan potongan bandeng, rendam dalam bumbu sekira 1 jam, angkat dan tiriskan.

4.Panaskan minyak goreng di dalam wajan anti lengket. Goreng potongan bandeng yang sudah direndam dalam bumbu hingga kuning kecokelatan.

5.Masukkan tepung tapioka dan tepung beras ke dalam sisa bumbu rendaman bandeng, lalu goreng dengan cara dituangkan ke dalam wajan menggunakan sarangan. Goreng tepung bumbu tersebut hingga kering dan renyah. Hidangkan bandeng goreng ditaburi dengan tepung bumbu yang renyah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini