nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Terkecoh, Daging Steak Ini dari Gandum dan Kacang Kedelai

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 16:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 298 1899453 jangan-terkecoh-daging-steak-ini-dari-gandum-dan-kacang-kedelai-Nkdi1rRXUl.jpg Stek Vegan (Foto: Metro.co.uk)

MENJADI seorang vegetarian memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan komitmen yang kuat untuk tidak mengonsumsi seluruh jenis makanan yang terbuat dari daging atau produk olahan hewani. Alasan seseorang menjadi vegetarian pun sangat beragam, sebagian di antaranya karena faktor kesehatan.

Menurut para ahli, pola makan ini memang dapat mendatangkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, mengingat makanan yang dikonsumsi berbasis tanaman (nabati), tingkat kolesterol dalam tubuh pun akan menjadi lebih sehat. Dengan kata lain, semakin kecil pula Anda terkena tekanan darah tinggi,kanker prostat, kanker usus besar, atau diabetes tipe 2.

 Baca juga: Jangan Tertipu! Artis Cantik Ini Terlihat seperti Gadis 20 Tahun

Nah, untuk memanjakan lidah para vegetarian, baru-baru ini toko retail ternama asal Amerika Serikat, Tesco, meluncurkan sebuah produk makanan yang mereka sebut dengan istilah vegan steak. Produk makanan ini digadang-gadang memiliki rasa dan bau seperti daging sapi sungguhan.

Adalah Vivera, sebuah perusahaan makanan asal Belanda yang berhasil menciptakan inovasi unik tersebut. Dilaporkan dari Metro, Kamis (17/5/2018), vegan steak sebetulnya terbuat dari gandum dan kedelai, yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk dan rasa seperti daging steak sungguhan.

 Steak Vegan (Metro)

Mereka mengklaim bahwa produk makanan ini dapat dinikmati oleh semua orang, mulai dari vegan hingga konsumen yang ingin mengurangi konsumsi daging sapi karena alasan kesehatan, lingkungan, atau etika.

 Baca juga: Sst..Ada Keindahan Tersembunyi di Curug Mariuk Bogor

Vegan steak rencananya akan diproduksi secara besar-besaran mengingat permintaan pasar terhadap makanan berbasis nabati semakin meningkat.

“Selama bertahun-tahun, sekelompok besar vegetarian, vegan, dan flexitarian sangat tertarik dengan produk semacam itu,” tutur Ger Jan Gomber, salah satu staf Vivera saat diwawancara oleh Plant Based News.

Ia menambahkan, dengan terobosan terbaru dan sistem produksi yang semakin besar, konsumen nantinya dapat menikmati produk nabati yang sangat lezat ini. Bahkan, dari segi rasa, bau, dan teksturnya hampir tidak dapat dibedakan dengan steak asli.

 Baca juga: 5 Destinasi Wisata Digital di Bandung, Nomor 5 Berasa di Luar Negeri

“Kami yakin bahwa produki ini dapat memenuhi kebutuhan para konsumen terhadap produk makanan berbasis nabati,” imbuhnya.

Produk ini kedengarannya seperti ‘surga’ bagi para vegetarian maupun vegan yang merindukan daging. Vegan steak akan diluncurkan di 400 cabang Tesco pada 21 Mei mendatang. Jika konsumsn memberikan respon yang positif, pihak perusahan akan memasarkan produk tersebut di seluruh Eropa pada pertengahan tahun ini.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini