nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Cegah Buah-Buahan Membusuk, Ga Ribet Kok

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 20:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 298 1899553 5-cara-cegah-buah-buahan-membusuk-ga-ribet-kok-yKuxakiO0q.jpg Ilustrasi Buah. (Foto: Okezone/Arief)

BUAH termasuk jenis makanan yang sangat rentan mengalami pembusukan. Ciri-cirinya bisa dilihat dari tekstur buah dan warnanya yang cenderung berubah menjadi kecokelatan. Hal ini umumnya terjadi ketika Anda memotong buah-buahan segar, karena sel-sel internal di dalamnya mengalami kerusakan.

Ketika sel-sel rusak terkena udara, mereka akan bereaksi dan menghasilkan pembentukan enzim polifenol yang dapat memicu proses pembusukan. Berikut beberapa cara mudah dan efektif untuk mencegah buah dari proses pembusukan, sebagaimana dilansir dari Times of India, Kamis (17/5/2018).

Baca Juga: 4 Daftar Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan saat Puasa

Masukkan ke dalam air dingin

Setelah memotong buah-buahan menjadi beberapa bagian, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memberikan “oksigen” untuk mencegah proses pembusukan. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan buah ke dalam air dingin. Pastikan buah benar-benar terendam secara merata.

(Foto: IndiaTimes)

Rendam dalam air garam

Berdasarkan pengakuan ahli makanan, merendam potongan buah segar ke dalam air garam selama kurang lebih 3-5 menit, merupakan cara terbaik untuk mencegah proses pembusukan. Cukup tambahkan ½ sendok teh garam untuk 1 liter air.

(Foto: IndiaTimes)

Gunakan jus lemon

Cara unik lainnya yang ampuh mencegah buah-buahan menjadi kecokelatan adalah denga mencelupkannya ke dalam jus lemon segar. Menurut para ahli jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu memperlampat reaksi enzimatik pada buah. Dengan kata lain, proses pembusukkan pun akan menjadi lebih dari waktu normal.

Baca Juga: Selain Dapat Pahala, Ini 4 Manfaat Ajarkan Anak Puasa sejak Dini

(Foto: IndiaTimes)

Sari jahe atau soda

Anda juga dapat menggunakan sari pati jahe atau air soda untuk mencegah buah yang baru dipotong berubah menjadi kecokelatan. Sama seperti jus lemon, kedua makanan tersebut memiliki kandungan asam sitrat yang dapat memperlambat proses pembusukan.

Penggunaan soda juga bisa menjaga cita rasa buah agar tetap lezat seperti saat baru dipetik. Anda juga bisa menaburkan sedikit gula putih untuk mengurangi efek asamnya.

(Foto: IndiaTimes)

Bungkus dengan plastik

JIka Anda terlalu malasa untuk mencoba ide-ide yang telah disebutkan di atas, Anda bisa menggunakan kantung plastik kedap udara yang kini banyak dijual di pasaran. Pastikan memilih kantung plastik yang dilengkapi dengan zip (penutup) untuk mencegah udara masuknya udara. Setelah itu, simpahlah buah di dalam lemari pendingin.

(Foto: IndiaTimes)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini