nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Merasakan Sensasi Berbuka Puasa ala Timur Tengah? Ini Rekomendasi Tempatnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 20:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 298 1899600 mau-merasakan-sensasi-berbuka-puasa-ala-timur-tengah-ini-rekomendasi-tempatnya-TBMDrozAch.jpg Makanan Restoran Arab (Foto: Dimas/Okezone)

MEMASUKI bulan suci Ramadan, sebagian besar rumah makan maupun restoran seolah berbondong-bondong menawarkan promo menarik kepada para konsumen. Pasalnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang menyambut bulan penuh berkah itu dengan beragam tradisi unik, termasuk buka puasa bersama.

Kegiatan ini memang sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, karena menjadi salah satu cara terbaik untuk memperat tali silaturahmi dengan keluarga, sanak saudara, maupun teman lama yang jarang Anda temui di hari-hari biasa.

Berbicara soal buka puasa bersama, setiap orang tentu memiliki preferensi tersendiri dalam memilih tempat serta menu makanan yang hendak disantap. Nah, bagi Anda yang ingin menjajal sensasi berbuka ala Timur Tengah, Awtar Shisa Lounge bisa menjadi pilihan yang tepat.

Belum lama ini, Okezone berkesempatan mencicipi sejumlah menu di restoran yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, tersebut. Awtar Shisa Lounge menawarkan beragam jenis Arabic food yang dapat memanjakan lidah Anda.

Hidangan pertama yang Okezone cicipi adalah roti pitta (arabic bread). Dari tampilannya saja, sudah dapat dibayangkan kelembutan teksturnya yang begitu menggoda. Pitta bread biasanya dimakan dengan cara menyobek lalu dicocol dengan hummus. Sekilas memang terlihat seperti roti cane. Namun Anda juga bisa menyantapnya dengan cara digulung. Jangan lupa tambahkan potongan keju atau daging sebagai pelengkapnya.

Menu selanjutnya ada sajian ayam khas Timur Tengah yang diolah dengan teknik yang sangat unik. Daging ayam dan nasi biryani dibalut dengan adonan tepung yang tampak seperti pitta bread berukuran besar, lalu diletakkan di atas sebuah hotplate yang kemudian dibakar dengan api hingga matang. Hidangan ini merupakan salah satu menu andalan Awtar, karena selain rasanya yang gurih dan lezat, teknik pengolahan tersebut ternyata dilakukan untuk menghibur para pengunjung.

Untuk menu terakhir, Okezone memilih baklava sebagai makanan penutup. Ditilik dari asal usulnya, baklava merupakan sejenis makanan ringan yang berasa dari kawasan Turki dan daerah-daerah bekas kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut yang dicincinang dan diberi pemanis (gula atau madu), lalu dibungkus dengan adonan roti tipis. Rasa manisnya yang ringan memang tepat dijadikan sebagai makanan penutup.

Menurut penuturan Ramzi Othman, selaku Operational Manager Awtar Shisa Lounge, sebagian besar menu yang disajikan memang telah dimodifikasi agar bisa diterima di lidah masyarakat Indonesia. Beberapa bumbu rempahnya bahkan diimpor langsung dari Timur Tengah sehingga menghasilkan cita rasa otentik, namun tetap dapat dinikmati oleh para pengunjung.

“Kita memang menggunakan resep sendiri namun telah disesuaikan dengan cita rasa Asia. Namun di satu sisi, Indonesia juga menjadi rumah bagi orang-orang Yaman Hadrami, jadi notabennya mereka sudah terbiasa dengan cita rasanya,” tutur Ramzi.

Nah bagi Anda yang tertarik mencicipi menu-menu unik di atas, Anda dapat mengunjungi Awtar Shisa Lounge yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Selama bulan Ramadhan, resto ini juga menawarkan berbagai promo menarik termasuk “Ramadha Buffet” yang dibanderol seharga Rp199 ribu ++ per orang.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini