Image

Trik Khusus Membuat Smoothies untuk Anak-Anak

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 04:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 298 1899641 trik-khusus-membuat-smoothies-untuk-anak-anak-sAoZxe9Ju7.jpg Smoothies (Foto: Shutterstock)

ORANGTUA mana yang tidak mau anak-anaknya hobi mengonsumsi sayur-sayuran? Orangtua tentunya akan merasa senang jika melihat anak-anaknya lahap menyantap sayur dan buah-buahan penuh serat, vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan dan perkembangan tubuh.

Akan tetapi, bukan rahasia lagi bahwa yang namanya anak-anak itu kebanyakan cukup sulit untuk mau makan sayur jika dijadikan hidangan dalam satu piring bersama nasi dan lauk pauk. Makanya, banyak orangtua yang mengakali hal ini dengan membuatkan sang anak minuman smoothies, agar asupan sayuran sang anak bisa terpenuhi.

Membuat smoothies untuk anak-anak ini, ada caranya tersendiri loh. Di mana cara tersendiri ini lebih dimaksudkan agar anak mau menyantap smoothies hingga habis tidak terbuang sia-sia. Seperti apa trik khusus membuat smoothies untuk anak-anak ini? Melansir Thekitchn, Jumat (18/5/2018) berikut di bawah ini uraiannya.

 

 (Baca Juga:5 Cara Cegah Buah-Buahan Membusuk, Ga Ribet Kok)

1. Jangan terlalu banyak memasukkan jenis sayuran sekaligus

Terkadang, sebagai orangtua kita terlalu bernafsu memasukkan begitu banyak jenis sayuran dalam satu porsi smoothies. Padahal, tujuan utama smoothie adalah bagaimana caranya untuk bisa memperoleh banyak nutrisi dari sayur dalam bentuk yang nyaman dan mudah untuk diminum. Mulai buat smoothie dengan sayuran yang punya rasa ringan, zucchini, bayam, kembang kol, dan alpukat.

 

2. Pilih nutrisi dengan bijaksana

Untuk meningkatkan nutrisi di dalam smoothie anak, triknya bisa tambahkan satu hingga dua sendok teh biji chia atau satu sendok makan biji rami tanah (rasa dan tekstur ringan sehingga tidak terlalu kentara jika sudah menjadi smoothie). Biji-bijian ini menambahkan lemak sehat yang diperlukan untuk perkembangan otak dan membantu membuat smoothie sedikit lebih mengenyangkan. Sajikan smoothie sesegera mungkin begitu usai dibuat, karena bahan-bahan yang dipakai dapat mengentalkan cairan jika dibiarkan terlalu lama.

 (Baca Juga:Perburuan Takjil di Masjid Sunda Kelapa pada Hari Pertama Puasa)


3. Buat sesi acara minum smoothie menyenangkan

Mengingat smoothie ini disajikan kepada anak-anak dan balita, hidangkan dalam wadah yang menarik misalnya reusable pouch atau cangkir yang diberi sedotan, atau jika anak sudah bisa memilih gelas favoritnya, biarkan mereka memilih gelas favorit mereka sebagai wadah smoothie. Jika tidak langsung habis, simpan dan tempatkan sisa smoothie di dalam cetakan es pop lalu dinginkan di dalam freezer.

Namun sebagai orangtua, harus ingat bahwa tidak wajib bagi seorang anak untuk menyukai segalanya. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk membantu anak-anak agar bisa menyukai smoothie. Pertama, hidangkan smoothie ke anak itu dalam ukuran porsi yang kecil sehingga tidak mengintimidasi anak. Selain itu cara lainnya ialah libatkan anak ketika Anda membuat smoothie, biarkan anak membantu proses pembuatan sehingga mereka tidak takut pada apa yang ada di dalam smoothie tersebut.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini