nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Baca Buku Gratis? Ini Aplikasi yang Tersedia untuk para Milenial

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 10:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 406 1899294 ingin-baca-buku-gratis-ini-aplikasi-yang-tersedia-untuk-para-milenial-VNnpnvf17g.jpg Membaca di Aplikasi (foto: Pxhere)

SEKARANG zamannya digital yang sangat digemari anak milenial. Segala hal dibuat sesimple mungkin dalam satu genggaman. Kalau sudah bisa digenggam, untuk apa mencari yang lain?

Termasuk membaca buku. Anda menerima informasi berupa berita saja kini sudah bisa melalui ponsel pintar, pun membaca buku. Buku sekarang sudah banyak yang mengarah ke digital, sehingga Anda tidak perlu lagi pergi ke toko buku dan membelinya. Ya, walaupun cara konvensional ini masih tetap memikat, apalagi bagi Anda yang suka mencium aroma buku baru!

Nah, membaca buku digital ini pun sekarang sudah bisa dilakukan secara cuma-cuma alias gratis. Ada beberapa aplikasi di ponsel pintar yang memungkinkan Anda membaca buku digital secara gratis. Apa saja itu?

 Baca juga: Kesalahan Membaca Buku yang Merusak Mata, Nomor 1 Paling Susah Dihindari

1. Google Play Buku

Aplikasi ini tentunya hanya bisa Anda dapatkan di ponsel Android. Biasanya aplikasi ini Anda gunakan untuk mendownload aplikasi ponsel, tetapi ternyata di dalamnya juga ada konten buku yang bisa Anda baca gratisan! Bahkan, ada satu keuntungan yang dimiliki aplikasi ini, Anda tak perlu repot membaca, cukup memdengarkan! Ya, di dalam aplikasi ini disediakan fitur mendengar buku. Menarik bukan?

 Baca Buku (ichef)

2. WattPad

Bagi Anda pencinta novel, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Mulai dari novel dalam negeri hingga mancanegara tersedia di sana. Tidak hanya novel, genre buku lain pun tersedia di sana. Jadi, Anda bisa dengan mudah menemukan buku favorit. Terkhusus untuk Anda yang suka menulis, di aplikasi ini juga ada fitur create yang memungkinkan kisah buatan Anda bisa dibaca pengguna aplikasi lainnya. Keren!

 Baca juga: Sst..Ada Keindahan Tersembunyi di Curug Mariuk Bogor

3. Novel Nusantara

Jika Anda menyukai buku dari penulis dalam negeri, aplikasi ini cocok sekali! Tampilan yang sederhana, memudahkan Anda untuk mengakses semu fitur yang ada di dalamnya. Ada satu hal yang menarik di sini, jika Anda rutin membaca, Anda bisa mendapatkan 'martabak'. Eits! Ini bukan makanan, ya, melainkan fitur untuk memberikan rating untuk penulis favorit Anda.

4. iPusnas

Aplikasi ini buatan Perpustakaan Nasional. Konsepnya sama seperti Anda mencari buku di perpustakaan, jadi Anda tinggal ketik saja buku favorit Anda, setelah itu akan muncul di laman pencarian. E-book di aplikasi ini cukup lengkap, lho. Btw, jika Anda pengirit kuota internet, di aplikasi ini Anda bisa membaca buku secara offline. Seru, ya!

 Baca juga: Berburu Takjil Gratis Selama Puasa? Catat Tempat-tempatnya

5. iJakarta

Inovasi ini diciptakan Badan Perpustakaan DKI Jakarta. Hampir sama dengan iPusnas, hanya saja yang membedakan lembaga pemerintah yang mengeluarkannya. Terkait dengan konten buku di aplikasi ini, sejauh ini sudah banyak buku yang bisa Anda temukan di sini. Jadi, jika Anda tidak punya waktu menuju perpustakaan, aplikasi ini bisa jadi pilihan yang menarik.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini