Image

Perbatasan Unik Negara di Dunia, Salah Satunya Tempat Nongkrong

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 16:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 406 1899449 perbatasan-unik-negara-di-dunia-salah-satunya-tempat-nongkrong-wSUSnMDeiI.jpg Perbatasan Negara (Foto: Viralscape)

SENGKETA perbatasan merupakan masalah laten yang mengancam hubungan dua negara bertetangga. Ambil contoh Indonesia dengan Timor Leste yang butuh bertahun-tahun untuk berunding mengenai perbatasan.

Wilayah perbatasan juga kerap dijaga dengan ketat oleh aparat keamanan dari kedua negara bertetangga. Namun, beberapa negara justru hanya dipisahkan dengan batas-batas yang unik. Seperti di Belanda dan Belgia yang hanya dipisahkan dengan blok ubin yang membentuk garis.

Berikut beberapa perbatasan unik lainnya yang dihimpun dari Viralscape:

Belanda-Belgia

Country Border 1

Perbatasan unik kedua negara ini terdapat di kawasan Baarle-Nassau-grens. Anda bisa dengan mudah berulang kali menyeberang ke Belanda dan Belgia. Pasalnya, tidak ada aparat keamanan kedua negara yang berjaga di atas seutas garis batas.

Sebuah kafe bernama Den Engel berdiri tepat di garis perbatasan tersebut di sisi Belanda. Pemisah kedua negara hanya diberi tanda ‘NL’ untuk Belanda dan ‘B’ untuk Belgia. Anda bisa dengan mudah nongkrong dan menikmati suasana di tepi negara Belanda.

Uniknya, garis batas itu juga melewati sebuah bangunan. Entah apakah di dalam bangunan itu terjadi konflik kedaulatan atau tidak.

Meksiko-AS

Country Border 4

Saat kampanye menuju pemilihan presiden, Donald Trump mengapungkan wacana untuk membangun tembok perbatasan dengan Meksiko. Ia menganggap lemahnya pengawasan memicu peningkatan angka kriminalitas, penyempitan lapangan kerja bagi warga asli AS, serta peningkatan penyeludupan narkoba.

Perbatasan antara AS dengan Meksiko membentang dari negara bagian California hingga ke Texas. Pada beberapa titik memang dijaga ketat aparat. Tetapi, beberapa titik lainnya hanya dipisahkan oleh pagar yang relatif tidak terlalu tinggi. Bahkan, warga AS dan Meksiko bisa memanfaatkan pagar perbatasan untuk bermain voli.

Argentina-Brasil-Paraguay

Country Border 8

Batas yang memisahkan Argentina, Brasil, dan Paraguay tidak kalah unik, yakni aliran sungai yang terbentuk secara natural. Pada satu percabangan aliran Sungai Parana, terdapat tiga tanah berbeda di kawasan Iguacu dalam bahasa Portugal (bahasa ibu Brasil) atau Iguazu dalam bahasa Spanyol (bahasa ibu Paraguay dan Argentina).

Belgia-Belanda-Jerman

Country Border 15

Perbatasan unik yang memisahkan tiga negara juga ada di Belgia, Belanda, dan Jerman. Tempat tersebut bahkan diberi nama sebagai Three Country Point, Vaals, Belanda. Titik perbatasan itu berada di tengah-tengah taman yang masuk dalam wilayah ketiga negara.

Di titik temu tersebut, ketiga negara saling menancapkan bendera masing-masing negara. Pengunjung pun bisa bebas berlalu lalang di kawasan taman untuk melihat keunikan perbatasan tersebut.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini