nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesalahan Membaca Buku yang Merusak Mata, Nomor 1 Paling Susah Dihindari

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 09:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 481 1899280 kesalahan-membaca-buku-yang-merusak-mata-nomor-1-paling-susah-dihindari-SASXJ8fS3S.jpg Baca Buku (WEForum)

APAKAH Anda termasuk orang yang doyan baca buku? Kebiasaan baik ini dianggap bisa membuka wawasan dan mengenal dunia melalui imajinasi Anda sendiri.

Membaca buku tentunya membawa banyak dampak positif. Selain manfaat menambah pengetahuan, membaca buku juga merangsang otak untuk terus bekerja dan ini baik untuk mempertajam ingatan Anda. Sementara itu, membaca buku juga dianggap sebagai kebiasaan baik untuk mengenal sejarah suatu bangsa.

Nah, dari banyaknya manfaat baik, sadar atau tidak, membaca buku juga bisa membawa dampak buruk. Bukan dari kebiasaan membacanya, tetapi bagaimana Anda membaca bukunya. Ya, mulai dari posisi tubuh hingga jarak baca, ternyata membawa dampak langsung ke kondisi tubuh Anda. Apa saja kesalahan tersebut?

Baca juga: Sst..Ada Keindahan Tersembunyi di Curug Mariuk Bogor

1. Membaca sambil tiduran

 Baca buku ((Valleysleepcenter)

Nih, kebiasaan ini biasanya Anda lakukan sebelum tidur atau saat santai di waktu luang. Tahu tidak, membaca buku sambil tiduran merangsang mata untuk cepat letih dan ini bisa membawa dampak buruk jangka panjang yaitu kelemahan mata yang akibatnya mengurangi ketajaman mata.

2. Jarak baca terlalu dekat

Baca buku (Endmyopia)

Berniat untuk lebih konsentrasi, Anda biasanya membaca buku dengan jarak yang lebih dekat. Kebiasaan ini malah membaca dampak buruk, guys. Bagaimana pun, mata Anda memiliki standar tersendiri dalam bekerja. Nah, dengan jarak yang terlalu dekat saat membaca, memungkinkan mata Anda untuk lebih cepat lelah bahkan bisa membuat mata perih.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Digital di Bandung, Nomor 5 Berasa di Luar Negeri

3. Baca buku di ruangan remang-remang

Baca Buku (Video Block)

Semakin cerah ruangan saat membaca, maka semakin santai mata Anda. Sebaliknya, semakin redup cahaya saat Anda membaca, maka mata Anda lebih cepat lelah. Ini dikarenakan mata Anda bekerja ekstra untuk tetap aktif. Kalau terus begini, bisa saja mata Anda akan rusak di kemudian hari. So, pastikan lampunya terang, ya.

4. Membaca di dalam kendaraan

Baca Buku (Stayathomemum)

Masalah ini banyak dialami, terlebih bagi mereka yang doyan banget membaca buku. Mereka yang sudah addicted dengan buku, biasanya bakal membaca buku dimana-mana. Salah satunya di dalam bus atau mobil. Tapi, siapa sangka jika membaca buku di dalam kendaraan bisa membuat Anda mual dan pusing. Ini dikarenakan pandangan dan kondisi tubuh tidak sinkron. Saat Anda membaca buku, maka Anda memaksakan mata untuk fokus pada satu tempat, sementara tubuh Anda bergerak mengikuti arah kendaraan. Hal ini yang kemudian membuat Anda merasa tidak nyaman.

Baca juga: Mau Punya Perut Langsing dan Rata, Konsumsi Makanan Ini Sebelum Jam 8 Pagi

5. Membaca buku dengan teks terlalu kecil

 Bca Buku

Memaksimalkan fungsi kerja mata membuat mata Anda lebih cepat lelah. Dengan kesimpulan ini, ketika Anda membaca buku dengan font terlalu kecil, maka Anda memaksa mata bekerja lebih banyak dan ini membawa dampak buruk bagi kualitas mata Anda.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini