nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Kesehatan Mata dengan Metode Ayurveda, Pengobatan Tradisional dari India

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 14:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 481 1899407 tingkatkan-kesehatan-mata-dengan-metode-ayurveda-pengobatan-tradisional-dari-india-WygZFa2b3R.jpg Ilustrasi (Foto: Itoozhiayurverda)

DENGAN paparan panas yang berlebihan, terutama selama musim panas, sangatlah penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari panasnya sengatan matahari. Terutama bagian tubuh yang memungkinkan kita untuk melihat indahnya dunia di sekitar kita yakni mata. Jadi selain perawatan kulit wajah, Anda juga perlu tetap menjaga kesehatan mata selama musim panas.

Apalagi bagi Anda yang memiliki alergi atau rentan terhadap infeksi maka membutuhkan perawatan ekstra. Apalagi, musim panas ini, diperburuk oleh polusi, sehingga kita perlu menemukan cara yang dapat memastikan bahwa mata kita tetap aman dan terlindungi dengan baik.

Melansir dari Times Of India, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan Ayurveda. Ayurveda adalah ilmu kesehatan yang berasal dari negara India dengan memadukan teknik pemijatan untuk membantu terapi pasien. Pengobatan Ayurveda merupakan pengobatan holistik yang juga mencakup jiwa atau kehidupan emosional dan spiritual dalam rangkaian pengobatannya.

Memahami kesehatan mata melalui kata-kata ayurveda

Pertama mari kita memahami alasan dan penyebab iritasi mata menurut Ayurveda. Dipahami bahwa iritasi mata adalah karena konjungtiva kering, yang terjadi karena adanya kelebihan vata dosha. Juga, iritasi mata ini bisa disebabkan oleh hiper-keasaman berlebihan. Kesehatan hati dan mata terhubung satu sama lain. Oleh karena itu, fungsi hati yang terkena dampak negatif dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Baca Juga: Berburu Takjil Gratis Selama Puasa? Catat Tempat-tempatnya

Untuk itu, Ayurvedic Home Remedies Untuk Mata Sehat memberitahukan mengenai apa saja yang bisa di lakukan untuk meningkatkan kesehatan mata.

• Larutan air mawar dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan mata Anda. Anda dapat menggunakan cangkir mata atau pipet; tetapi pastikan bahwa air mawar tidak terlalu dingin atau panas. Bahkan ini sangat direkomendasikan ketika iritasi mata. Dengan memberikan satu atau dua tetes air mawar dapat menenangkan mata yang teriritasi.

• Menaruh setetes minyak jarak di masing-masing mata sebelum tidur karena dapat menjaga mata Anda tetap tenang. Namun, pastikan tidak ada pengawet dari minyak tersebut.

Ayurverda

•Pengobatan rumah terbaik adalah menggunakan tetes mata berbasis kunir. Ambil satu sendok teh kunyit dan didihkan dalam dua cangkir air. Biarkan mendidih sampai mencapai sekitar satu cangkir. Gunakan kain untuk menyaring sekitar empat hingga lima kali. Ekstrak yang disiapkan ini kemudian dapat digunakan dalam bentuk tetes mata. Menggunakannya setidaknya tiga hingga empat kali sehari dapat menenangkan mata Anda.

• Pencucian mata dingin menggunakan infus yang terbuat dari biji ketumbar atau biji adas dapat berfungsi sebagai obat mata yang hebat.

• Kompres dingin mata dapat bekerja dengan baik setiap kali ada sensasi terbakar di mata. Terlihat bahwa aplikasi krim susu sapi juga dapat mengurangi sensasi mata terbakar.

Ayurverda

Lalu, agar penglihatan Anda tetap kuat, seorang ahli Ayurvedic Ram N. Kumar di NirogStreet, menyarankan Anda untuk mengonsumsi hal-hal berikut:

• Bubuk Triphala: Ini adalah sumber vitamin C terbaik dan berfungsi mencegah perkembangan katarak.

• Amla: Mengandung vitamin C, antioksidan terpenting. Dapat meningkatkan kekebalan dan memperkuat penglihatan.

• Bayam: Sayuran berdaun hijau ini mengisi tubuh dengan antioksidan dan juga menyediakan nutrisi penting seperti vitamin C dan vitamin A. Ini juga merupakan penyedia zat besi dan kalsium.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Berpakaian, Mana yang Sering Kamu Lakukan?

• Susu: Menjadi sumber riboflavin yang baik, susu diketahui dapat mencegah perkembangan katarak. Diperkaya dengan vitamin A, susu adalah salah satu sumber terbaik untuk menjaga kesehatan mata yang baik.

Minum Susu

• Wortel: Dikemas dengan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A, wortel adalah yang terbaik untuk menjaga kesehatan mata.

• Almond: Menjadi penguat kesehatan yang hebat, almond memiliki vitamin E yang melindungi tubuh dari serangan molekul yang tidak stabil, yang menargetkan jaringan sehat.

• Buah: Buah-buahan seperti lemon, jeruk, dan lain-lain, kaya akan beta-karoten dan vitamin B12. Ini membantu dalam mempertahankan penglihatan yang baik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini