nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tetap Sehat dan Produktif saat Puasa, Ini Tipsnya

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 14:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 481 1899412 tetap-sehat-dan-produktif-saat-puasa-ini-tipsnya-4tniI3x7Ly.jpg Ilustrasi. Foto: Soundvision.

BERPUASA bukan berarti bebas menyantap banyak makanan. Asupan kalori tentu harus tetap diperhitungkan. Selain kalori, asupan nutrisi juga perlu diperhatikan agar tetap bugar dan produktif selama berpuasa.

Perubahan pola makan pada bulan Ramadan dari tiga kali menjadi dua kali sehari, yakni waktu berbuka dan sahur, sering kali menimbulkan anggapan bahwa kita makan lebih sedikit daripada biasanya. Akibatnya, kita cenderung menyantap porsi makanan berlebihan ketika berbuka.

Padahal, kebutuhan kalori harian tubuh saat berpuasa tetap sama dengan kebutuhan kalori saat tidak berpuasa. Selain memperhatikan pemenuhan kebutuhan kalori, penting pula memperhatikan asupan nutrisi agar bugar dan tetap produktif selama berpuasa. Meski beragam, kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1.500 - 2.500 kkal setiap hari.

Kolak buka puasa. Foto Kokiresep

[Baca Juga: Habis Sahur Jangan Tidur, Ini Kegiatan yang Bisa Menambah Pundi-Pundi Pahala!]

Kebutuhan kalori ini tentunya disesuaikan dengan aktivitas dan berat badan seseorang. Agar tubuh fit dan tetap produktif selama berpuasa, tidak dianjurkan untuk mengurangi atau menambahkan asupan kalori.

“Kita justru harus memperhatikan asupan nutrisi agar terhindar dari permasalahan kesehatan,” ujar dr Jovita Amelia MSc SpGK, dokter spesialis gizi klinik, dalam acara diskusi media “Puasa Sehat Bareng Halodoc Hitung dan Penuhi Kebutuhan Kalori serta Nutrisi Tubuh Saat Berpuasa!”.

Jovita mengungkapkan keluhan pencernaan yang sering dialami orang berpuasa. Dijelaskannya, kondisi tersebut disebabkan kebiasaan mengonsumsi makanan digoreng (gorengan) ataupun makanan manis.

“Ini membuat keluhan di lambung meningkat. Misalnya minum kopi saat berbuka, kondisi perut kosong sehingga asam lambung naik. Atau melewatkan sahur, padahal tubuh butuh nutrisi,” katanya.

Jika dilakukan dengan benar, maka berpuasa sejatinya dapat menurunkan berat badan karena tubuh menggunakan cadangan lemak untuk tenaga seharian. Dr Jovita memberikan lima tips untuk memilih makanan dan minuman yang dapat menunjang produktivitas saat berpuasa.

Di antaranya menghindari konsumsi kafein serta makanan dan minuman manis secara berlebihan. Untuk pemenuhan kebutuhan energi, pilihlah karbohidrat kompleks dari makanan berbahan gandum, buah-buahan seperti pisang dan umbiumbian. Selain itu, guna mencegah keluhan begah, hindari mengonsumsi gorengan dan santan berlebih saat berbuka.

 

Wanita Muslim. Foto Istimewa

Adapun untuk mencegah konstipasi, penuhi kebutuhan serat harian dari sayur-sayuran. Sementara untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, penuhi kebutuhan cairan dengan minimal delapan gelas sehari, yaitu dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas setelah makan malam, dua gelas sebelum tidur.

[Baca Juga: Jangan Makan-Minum Berlebihan, Ini Tips Berbuka Puasa yang Sehat]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini