Image

Dampak Buruk Kalau Kamu Sering Makan Terburu-buru Jelang Imsak

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 03:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 17 481 1899585 dampak-buruk-kalau-kamu-sering-makan-terburu-buru-jelang-imsak-SQaruyAav3.jpg Ilustrasi (Foto: Thestar)

KARENA tidur kemalaman, rasanya bikin kamu malas bangun sahur. Akhirnya, kamu mengandalkan makan terburu-buru karena waktu Imsak segera tiba.

Dari sisi medis, melahap makanan dengan cepat sangat tidak dianjurkan oleh dokter. Lebih baik kamu menghindari kebiasaan itu karena bakal menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Studi mengklaim bahwa seseorang yang hobi makan terburu-buru bisa mengganggu metabolismenya. Jika kamu menghabiskan makanan kurang dari lima menit, bisa menimbun lemak dan akibatnya memicu obesitas.

Paling tidak, berat badanmu tidak langsung naik signifikan. Mulanya perutmu akan terlihat buncit dan tidak indah dipandang.

Artinya, ketika kamu punya risiko obesitas, dalam jangka panjang lagi ada efek serangan penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Studi ini dipresentasikan pada Scientific Sessions 2017 American Heart Association beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tutorial Pakai Sarung Ini Bukannya Inspiratif Malah Bikin Ngakak, Ada Pakaian Sekte Pengabdi Setan!

Para peneliti dari Hiroshima University di Jepang menindaklanjuti 642 pria dan 441 wanita selama lima tahun. Studi ini mengidentifikasi orang-orang yang makannya lambat, normal atau cepat. Mereka menemukan bahwa orang yang suka makan terburu-buru, sekira 11,6% lebih mungkin telah mengembangkan sindrom metabolic. Mereka cenderung mudah obesitas, tekanan darah tinggi, menimbunnya lemak jahat dan gula darah tinggi setelah periode puasa.

Makan Bersama

Hubungan antara makan dengan cepat dan menjadi tidak sehat telah diketahui untuk sementara waktu. Saat Anda makan dengan cepat, tubuh tidak mendapat kesempatan untuk memberi sinyal ke otak, dan rasanya tambah kenyang. Reseptor di lambung juga mulai melemah. Seharusnya frekuensi makan yang normal memerlukan waktu 15 hingga 20 menit.

Baca juga: Berburu Takjil di Pasar Benhil yang Legendaris, Harga Makanannya Ramah Kantong!

Di samping itu, kamu harus mengunyah makanan sampai halus agar usus mudah mencernanya. Air liur memiliki enzim yang melumasi dan mulai mencerna apa yang kamu makan. Hal ini memungkinkan makanan yang masuk ke dalam usus diproses dengan lambat dan sempurna.

Tapi biasanya orang yang makan buru-buru, mengunyah makannya tidak sampai halus. Akibatnya, makananmu akan sulit dicerna, sehingga menimbulkan rasa sembelit atau perut mulas di pagi harinya.

Sebagai antisipasi, kamu jangan terlalu sering bangun kesiangan untuk makan sahur yang mendekati waktu Imsak. Fatalnya, jika kamu mengalaminya terus-menerus dampaknya bikin aktivitasmu terganggu, karena gangguan pencernaan dan dalam jangka panjang terkena serangan penyakit kronik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini