Image

Tak Selalu Mual, Inilah Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 21:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 481 1899631 tak-selalu-mual-inilah-tanda-tanda-awal-kehamilan-yang-jarang-disadari-mkBCvfwtO0.jpg Ilustrasi (Foto: Beautyhealthtips)

SEORANG wanita patutnya selalu besyukur karena telah diberikan karunia luar biasa untuk bisa melahirkan kehidupan baru. Itu adalah berkah yang tidak bisa dilakukan oleh kaum pria.

Dan tentunya, sebagian besar pasangan yang sudah menikah pastinya menantikan untuk memiliki anak dan melakukan banyak perencanaan untuk itu. Untuk mendapatkan seorang anak mereka bahkan mengubah gaya hidup seperti pembatasan diet dan sepenuhnya menghindari alkohol dan merokok.

Namun, meski sudah menyiapkan begitu banyak hal di awal, pasangan terkadang merasa gagal untuk bisa mendapatkan seorang anak karena tidak melihat tanda-tanda pertama kehamilan, atau mungkin karena mereka tidak menyadarinya.

Untuk itu, Anda dan pasangan perlu mengetaui gejala-gejala awal kehamilan. Apalagi jika Anda belum merasa percaya diri atau tidak yakin jika membeli dan melakukan tes melalui tespack terlebih dahulu. Dilansir dari Boldsky ada banyak tanda kehamilan yang bisa dialami wanita, diantaranya adalah:

Bercak dan Kram

Bercak adalah salah satu tanda awal kehamilan. Ini bahkan bisa terjadi Anda setelah menstruasi sehingga Anda kadang-kadang keliru untuk siklus menstruasi yang tidak teratur.

Bercak juga disebut pendarahan implantasi. Pendarahan terjadi ketika telur yang dibuahi menempel ke dinding rahim. Itu hanya berlangsung selama tiga hari atau lebih. Beberapa wanita mungkin mengalami kram di perut. Ini mirip dengan kram menstruasi dan sangat sulit untuk dibedakan.

Kram Perut

Kelelahan

Kelelahan yang tidak biasa adalah gejala kehamilan awal lainnya. Hormon progesteron bertanggung jawab untuk ini. Mencapai puncaknya yang mungkin membuat seorang wanita ingin tidur terus. Rasa lelah semakin meningkat dengan rendahnya kadar gula darah dan tekanan darah.

Morning Sickness

Ini adalah gejala umum yang berhubungan dengan kehamilan. Morning sickness dikombinasikan dengan mual dan muntah bagi sebagian besar wanita dan dapat terjadi kapan saja dan bahkan di siang hari. Alasan untuk ini tidak jelas tetapi dokter meragukan bahwa ini dilakukan oleh hormon. Morning sickness terjadi sekitar minggu kelima kehamilan dan berlanjut hingga minggu kedua belas.

Telat Datang Bulan

Menstruasi yang datang telat kadang dianggap sebagai menstruasi yang tidak teratur. Jadi, juka mengalami gejala ini sebaiknya segera disarankan untuk memeriksa kehamilan dengan tespack. Karena seorang wanita hamil melewatkan menstruasi selama empat minggu setelah pembuahan. Tingkat hormon hCG meningkat dan akhirnya menghentikan ovarium dari melepaskan telur matang.

Perubahan Payudara

Kehamilan adalah satu kali dalam masa hidup seorang wanita ketika perubahan muncul di payudara. Payudaranya menjadi lembut dan bengkak di antara minggu ke-empat dan ke-enam. Ini karena perubahan hormonal. Kemudian, payudara tumbuh dalam ukuran dan areola menjadi lebih gelap warnanya. Diameter areola juga meningkat. Beberapa wanita juga mengalami kesemutan.

Cek Payudara

Benci Makanan dan Sensitif Terhadap Bau

Membenci makanan cukup umum selama trimester pertama kehamilan. Ini kadang-kadang dipicu oleh bau makanan yang memancar. Saraf penciuman terlalu sensitif selama waktu kehamilan dan jika baunya tidak menyenangkan, bahkan bisa menyebabkan mual dan muntah.

Sering Buang Air Kecil

Jumlah darah dalam tubuh meningkat pada awal kehamilan. Ini membuat ginjal bekerja lebih dari biasanya dan cairan di kandung kemih meningkat. Ini mungkin akan membuat Anda lebih sering ke kamar mandk terjadi selama waktu ini dan mungkin akan terjadi kebocoran (ngompol) yang tidak disengaja.

Sembelit

Sistem pencernaan melambat karena perubahan hormonal dalam tubuh selama kehamilan. Masalah ini menyebabkan sembelit. Terkadang, orang juga mengalami kembung di perut karena sembelit.

Sakit Perut

Tanda-Tanda Lain Dari Kehamilan

Selain gejala-gejala yang disebutkan di atas, ada juga yang kurang umum lainnya. Mereka termasuk sakit kepala, sakit punggung, pusing, dan bahkan perubahan suasana hati. Hormon adalah alasan untuk perubahan suasana hati dan tekanan darah rendah dan gula untuk pusing.

Tapi, Apakah Gejala-Gejala Ini Memastikan Bahwa Anda Hamil?

Sayangnya, itu tidak. Satu-satunya cara yang pasti untuk memastikan kehamilan adalah melakukan tes kehamilan di rumah atau di klinik. Ini karena gejala-gejala ini dapat terjadi pada wanita ketika dia jatuh sakit dan sebagian besar sebelum siklus menstruasi dimulai. Jadi, tidak ada jaminan bahwa Anda hamil tetapi ya ada kemungkinan untuk itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini