nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah Tanpa Harus ke Salon Kecantikan

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 14:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 194 1899819 cara-menghilangkan-komedo-dengan-mudah-tanpa-harus-ke-salon-kecantikan-K93QgJYaOF.jpg Ilustrasi (Youlookatractive)

WAJAH yang halus dan bersih adalah impian yang ingin dimiliki oleh semua kaum hawa. Banyak perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan wajah yang mulus dan bersih dari noda.

Tapi tahukah Anda bahwa salah satu masalah yang susah dihilangkan dari wajah dan sering datang kembali adalah komedo baik komedo hitam ataupun putih. Komedo adalah tonjolan kecil yang bisa muncul di banyak tempat seperti hidung, dagu, bahu, dan lengan.

Terlihat seperti jerawat tetapi sebenarnya tidak. Salah satu alasan di balik komedo yang akan terbentuk adalah jerawat dan sekresi minyak berlebih dari kulit. Jika Anda tidak merawatnya dengan benar, maka keringat, kotoran, dan minyak di kulit akan meresap ke dalam pori-pori dan menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan komedo.

 Baca juga: Tutorial Pakai Sarung Ini Bukannya Inspiratif Malah Bikin Ngakak, Ada Pakaian Sekte Pengabdi Setan!

Dengan polusi yang terus meningkat, wajah kita selalu terkena ini dan itu, dan pada saatnya akan mengarah pada akumulasi kotoran yang menyebabkan komedo. Alasan lainnya adalah ketidakseimbangan hormon, stres, pola makan yang buruk dan sebagainya.

 Komedo (allure)

Tapi ingat, jangan pernah mengeluarkan komedo menggunakan jari kuku Anda karena itu bukanlah ide yang baik. Itu dapat meninggalkan bekas luka di kulit Anda.

Dilansir dari Boldsky, ada berbagai cara untuk menghilangkan komedo yang bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah tanpa perlu mendatangi salon kecantikan. Ini cara menyingkirkan komedo:

1. Pengelupasan Kulit

Eksfoliasi atau pengelupasan penting dilakukan secara rutin karena ini akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dari wajah Anda dan itu memungkinkan kulit Anda untuk kembali bisa bernapas. Tapi jangan berlebihan atau menggosokkan dengan kasar pada kulit Anda, karena ini akan memperparah kondisi kulit Anda. Untuk eksfoliasi Anda bisa menggunakan scrubber yang lembut.

Catatan: Jangan menggunakan banyak tekanan saat menggosok kulit Anda karena bisa menyebabkan iritasi. Bersikaplah lembut ketika Anda menggosok.

 Baca juga: Subuh Jadi Waktu yang Paling Tepat untuk Berolahraga saat Puasa

2. Steam

Memberi uap wajah Anda sebelum mulai mengeluarkan komedo adalah hal penting. Yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan air hangat ke dalam mangkuk dan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih di dalamnya. Kemudian, membungkuk dan menutupi kepala Anda dengan handuk. Uap akan membantu membuka pori-pori dan akan lebih mudah bagi Anda untuk menghilangkan komedo.

3. Hindari Memencet dengan Kuku

Meskipun menggoda, tapi jangan pernah memencet komedo dengan kuku Anda, karena ini hanya akan memperparah kondisi. Bahkan kulit Anda akan meninggalkan bekas luka akibat gesekan kuku yang tajam.

4. Gunakan Strip Komedo

Ini adalah salah satu cara mengeluarkan komedo dengan cara mudah. Ada berbagai produk dari berbagai merk di pasar yang dapat Anda coba untuk menghilangkan komedo. Ini akan mencegah kulit Anda dari lecet. Caranya pun cukup simple, Anda hanya perlu membasahi bagian wajah yang berkomedo dan tempelkan strip hingga kering atau wajah Anda terasa kaku. Setelah itu, angkat strip maka akan terlihat komedo menempel di strips tersebut. Mudah bukan.

 Baca juga: 4 Daftar Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan saat Puasa]

5. Gunakan Microbeads dan Garam Laut

Microbeads adalah manik-manik plastik kecil yang bagus untuk pengelupasan kulit. Ini membantu membersihkan kulit, karena manik-manik kecil mencapai jauh ke dalam pori-pori, membuat kulit terlihat segar. Maka sebaiknya Anda melakukan scrub wajah yang dengan produk yang mengandung microbeads.

Sedangkan, dengan garam laut membantu membuka pori-pori dan menghilangkan komedo secara alami, karena mengandung sifat antibakteri yang sangat baik. Tambahkan saja beberapa tetes jus lemon ke dalam semangkuk garam laut. Kemudian pijat campuran di dagu Anda selama beberapa menit.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini