Wajib Tahu! Ini 5 Efek Samping Jika Terlalu Sering Pakai Sunblock

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 18 194 1899925 wajib-tahu-ini-5-efek-samping-jika-terlalu-sering-pakai-sunblock-3lceDQhkS3.jpg Sunscreen (Foto: Thankyourbody)

DI musim panas saat ini penting sekali untuk menggunakan tabir suria jika Anda ingin berpergian keluar rumah. Karena paparan sinar matahari yang semakin menyengat bisa merusak dan membuat kulit Anda gosong, sehingga tabir surya adalah sahabat yang tepat.

Selain itu, tabir surya juga menjadi salah satu Andalan saat berpergian ke pantai atau saat Anda ingin berenang karena kulit di dalam air lebih mudah terbakar. Tentunya, dengan mengaplikasikan lation tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV yang menyengat.

Tapi tunggu dulu, Apakah lotion tabir surya aman jika sering digunakan? Karena setiap kita memakai produk kita perlu mengetahui efek samping dari penggunaannya secara rutin.

Dilansir dari Boldsky, ada 5 fakta yang kurang diketahui dan efek samping dengan penggunaan lotion tabir surya dalam jangka panjang:

ada 5 fakta yang kurang diketahui dan efek samping dengan penggunaan lotion tabir surya dalam jangka panjang:

  (Baca Juga: Tutorial Pakai Sarung Ini Bukannya Inspiratif Malah Bikin Ngakak, Ada Pakaian Sekte Pengabdi Setan!)

Bisa Picu Alergi

Sunscreen termasuk perawatan perlindungan kulit yang mengandung beberapa bahan kimia di dalamnya seperti Para Amino Benzoic Acid (PABA) yang dapat menyebabkan beberapa reaksi alergi pada kulit seperti kemerahan, peradangan, ruam dan gatal. Terlepas dari jenis kulit Anda, PABA bereaksi ketika diaplikasikan pada kulit sensitif.

PABA adalah bahan yang umum digunakan di sebagian besar tabir surya dan dapat menyebabkan reaksi alergi yang tinggi. Beberapa dari Anda mungkin juga alergi terhadap wewangian dan pengawet tertentu yang digunakan dalam tabir surya.

Maka, saat membeli tabir surya, sebaiknya periksa label dan pastikan bahwa tabir surya 'hypoallergenic'. Tabir surya mengandung zinc oxide dikatakan kurang alergi dsan lakukan tes patch sebelum menggunakan tabir surya.

Dapat Memperparah Jerawat

Bahan kimia tertentu dalam tabir surya dapat memperparah jerawat jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawat. Selain itu, orang-orang dengan kulit sensitif rentan menderita kemerahan parah dan ruam, karena bahan kimia yang digunakan dalam tabir surya mungkin tidak dirancang untuk menyesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

Saat memilih tabir surya, sebaiknya gunakan tabir surya yang kurang berminyak, dan yang paling cocok untuk jenis kulit Anda. Lebih baik menghindari penggunaan tabir surya berat di wajah.

Menyebabkan Perih dan Iritasi di daerah berbulu

Sunscreen dalam bentuk salep, semprotan, krim atau lotion, dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi di daerah kulit yang berbulu. Tabir surya dapat menyebabkan gatal pada kulit, yang kemudian berkembang menjadi ruam merah. Ini bisa juga berubah menjadi lepuhan berisi nanah di sekitar folikel rambut.

Pasar dibanjiri dengan produk tabir surya dari berbagai merek populer, maka mungkin sulit bagi Anda untuk memilih merek yang ideal untuk Anda. Namun, dikatakan bahwa tabir surya gel adalah yang terbaik untuk semua jenis kulit, terutama untuk daerah berbulu.

Dapat meningkatkan risiko kanker

Tabir surya mengandung bahan-bahan yang memiliki efek estrogenik pada sel-sel yang menginduksi kanker payudara. Ketika digunakan secara teratur, beberapa tabir surya dapat mengubah tingkat estrogen dalam darah. Oleh karena itu, Anda harus menghindari penggunaan tabir surya kimia pada anak Anda, karena kulit mereka yang halus dapat menyerap bahan kimia dengan mudah.

Beberapa bentuk Vitamin A yang ditemukan dalam lotion tabir surya, yaitu retinyl palmitate (kombinasi retinol atau vitamin A dan asam palmitat) yang dapat menjadi penyebab kekhawatiran kanker. Ini karena, ketika terkena sinar UV matahari, senyawa retinol terurai dan menghasilkan radikal bebas yang beracun bagi sel dan dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker.

 (Baca Juga: Perdana Menteri Malaysia Curi Perhatian karena Kenakan Sandal Kurang dari Rp50 ribu)

Dapat menyebabkan iritasi mata

Jika tabir surya masuk ke mata, dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi, sensasi terbakar dan kepekaan terhadap cahaya. Bahkan, tabir surya kimia juga bisa menyebabkan kebutaan. Karena itu, berhati-hatilah saat mengaplikasikan lotion tabir surya dan gunakan dengan hati-hati pada pipi, dagu dan hidung. Jika lotion memasuki mata Anda, segera cari pertolongan medis.

Setelah mengetahui efeknya, berikut beberapa tindakan pencegahan untuk menghindari efek samping dari Tabir Surya lation:

• Hentikan penggunaan tabir surya segera, jika itu menyebabkan kemerahan atau iritasi.

• Lakukan uji coba pada area kecil kulit Anda sebelum menggunakan lotion tabir surya untuk pertama kalinya.

• Tabir surya hanya akan berfungsi selama dua jam. Jadi, jika Anda berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, Anda mungkin harus mengaplikasikan kembali setiap 2 jam.

• Saat menggunakan tabir surya untuk anak-anak, sebaiknya gunakan tabir surya dengan bahan-bahan alami daripada berbasis kimia, dan pilih dengan bijak.

• Jangan gunakan tabir surya pada bayi kurang dari satu tahun.

• Cobalah untuk memilih tabir surya yang bebas minyak, non-komodogenik jika Anda memiliki kulit berminyak dan sensitif.

• Sebelum mencoba tabir surya baru, bicarakan dengan dokter Anda jika Anda alergi terhadap bahan-bahan seperti PABA atau asam aminobenzoic atau obat sulfa, atau jika Anda memiliki alergi kulit atau masalah kulit lainnya.

• Anda harus tahu bahwa tabir surya yang Anda gunakan untuk wajah dan yang Anda terapkan pada bagian tubuh lainnya berbeda. Karena ada lotion tabir surya khusus untuk wajah, dan lotion khusus untuk tubuh dan Anda harus memilih yang tepat karena jenis kulit tubuh Anda berbeda dengan kulit di wajah Anda. Menggunakan lotion yang sama pada tubuh dan wajah Anda dapat menyebabkan masalah kulit yang parah.

• Penting untuk mengetahui bahwa bahan tabir surya umum seperti oxybenzone, avobenzone, octocrylene bekerja pada sinar UVB matahari, tetapi mereka tidak memiliki efek pada sinar UVA. Sebagai perbandingan, sinar UVA matahari lebih berbahaya bagi kulit daripada sinar UVB. Oleh karena itu, meskipun melapisi kulit Anda dengan lotion tabir surya terbaik, kadang-kadang, mereka tidak menunjukkan hasil yang efektif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini