Image

Jenis Buku yang Paling Diburu Milenial

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 08:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 18 196 1899707 jenis-buku-yang-paling-diburu-milenial-9QVGYU1PL3.jpg Anak milenial mencari buku (atlantic)

PEMERINTAH Indonesia menetapkan bahwa 17 Mei sebagai hari Buku Nasional sejak 2002 lalu. Penetapan ini dilakukan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya membaca buku bagi dirinya sendiri dan juga orang lain.

Dengan membaca maka banyak pengetahuan yang akan didapatkan dan pemikiran menjadi lebih luas. Dengan tujuan ini pula banyak orang tua yang sejak kecil selalu mengajari anaknya membaca. Selain itu anak juga selalu ditekankan untuk rajin belajar dan membaca.

 Baca juga: Lagi Tren, Putusin Pasangan Harus Bayar "Ongkos Putus Hubungan" ke Mantan

Tapi tahukah Anda, saat ini minat baca kaum milenial semakin menurun. Hal ini tetlihat dari penjualan buku di toko-toko buku yang sepi-sepi saja. Bahkan saat ada diskon buku juga tidak menarik minat pembaca.

Jenis buku juga terbagi dalam beberapa jenis yang sesuai dengan usia masing-masing, seperti orang tua yang lebih menyukai buku literasi dan anak kecil yang me yukai buku-buku gambar atau komik. Lalu bagaimana dengan kaum milenial? Dari penulusuran Okezone, setidaknya ada 5 buku yang disukai oleh kaum milenials.

1. Novel

Sepertinya hampir semua kaum milenial menyukai novel sebagai bahan bacaannya disaat waktu luang. Dari 3 remaja yang Okezone temui, semuanya mengatakan sangat menyukai novel dibandingkan dengan buku pelajaran ataupun buku literasi.

 Baca buku (Bussiness Insider)

Yang membedakan hanya jenis atau genre novel yang di baca. Ada yang menyukai novel genre romantis, horor, dan fiksi seperti Novel seri Harry Potter dan seri Twilight.

Tapi banyak juga yang menyukai novel humor yang hingga saat ini masih banyak keluaran barunya. Bahkan penulis novel humor seperti Raditya Dika mempunya banyak penggemar karena karyanya yang mampu mengocok perut.

2. Komik

Kalau yang satu itu adalah bacaan wajib bagi kaum milenial. Hampir semua milenial sangat gemar membaca komik. Selain karena ceritanya sesuai dengan anak muda saat ini, bahasa komik juga lebih ringan.

Bahkan dari kecil sudah banyak yang rajin membeli dan membaca komik. Apalagi komik memiliki seri yang panjang biasanya. Hingga saat ini komik terus berkembang tapi yang menjadi favorit masih cerita kartun dan misteri seperti detektif conan.

 Baca juga: Kesalahan Membaca Buku yang Merusak Mata, Nomor 1 Paling Susah Dihindari

3. Buku Sastra

Tak melulu buku santai dengan cerita romantis dan humoris. Ternyata banyak juga kaum milenial yang menyukai buku sastra. Dari tiga orang yang Okezone temui, salah satunya memilih untuk membaca buku sastra dibandingkan novel dan komik.

Buku sastra dinilai mampu memberikan banyak manfaat seperti memperkaya diksi dalam berbahasa, tetapi juga bisa belajar banyak hal seperti sejarah, seni, budaya, sosial, politik, filsafat, hingga psikologi. Hal tersebut dikarenakan sastra dapat mendorong pembaca untuk mengasah kreatifitas, memperkaya imajinasi, berpikiran kritis, memperluas pandangan, sekaligus berbudaya.

Buku sastra yang paling di minati adalah yang dituljs oleh penulis Dee Lestari yang karyanya terkenal mampu memikat banyak pembaca.

4. Buku Puisi

Buku puisi ternyata masih sangat disukai oleh kaum milenial baik wanita maupun pria. Buku puisi dinilai bisa memberikan ketenang saat membacanya, dan bagi pria bisa dijadikan sebagai bahan untuk mendektai sang gebetan.

 Baca juga: Sst..Ada Keindahan Tersembunyi di Curug Mariuk Bogor

5. Buku Masak

Pasti tidak ada yang menyangka kalau buku memasak juga disukai milenial terutama kaum perempuan. Kenapa? Karena kaum milenial saat ini sudah dalam usia beranjak dewasa sehingga banyak yang senang memasak. Dari tiga orang kaum milenial yang semuanya perempuan yang di wawancarai Okezone mengatakan bahwa senang membaca buku masak.

Saat mendatangi toko-toko buku yang pertama kali dilihat adalah bagian buku masak. Ini menandakan bahwa buku masak dogemari oleh kaum milenial.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini