Image

Cari Bahan Bacaan untuk Putri Anda? Coba 5 Buku Ini

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 13:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 196 1899780 cari-bahan-bacaan-untuk-putri-anda-coba-5-buku-ini-1wgkMQ3IGl.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TINGKAT literasi di Indonesia masih kurang memuaskan, dari total 68 negara, Indonesia berada di peringkat ke 64. Oleh karena itu, pemerintah pun gencar mendorong masyarakat agar gemar membaca.

Salah satu cara mendorong minat baca masyarakat adalah dengan mengajarkan anak-anak membaca sejak dini. Selain membuat anak pintar dan cerdas karena rajin membaca, banyak manfaat lainnya yang bakal diraihnya jika terbiasa membaca buku sejak kecil.

Misalnya, saat anak tertarik membaca, orangtua dapat memberikan stimulasi lebih. Namun tetap tidak boleh memaksakan. Bila sejak kecil anak diajarkan untuk membaca, secara tidak langsung mereka juga akan belajar berbicara.

Baca Juga: Terlalu Banyak Ikut Ekstrakurikuler Malah Berbahaya untuk Anak, Kok Bisa?

(Foto: Shutterstock)

Ini sangat penting dilakukan, khusus anak-anak balita. Mereka akan merasa senang dan tidak bosan, serta ada kelebihan khusus dari kebiasaan ini.

Sayangnya, saat ini masih tidak banyak buku yang bagus khusus untuk anak-anak. Ditambah lagi, sebagian besar buku anak-anak memiliki karakter binatang atau karakter anak laki-laki. Akibatnya, anak perempuan kurang tertarik untuk membaca buku.

Melansir thehealthsite, sebenarnya ada beberapa buku dengan karakter perempuan, antara lain:

Baca Juga: Habiskan Rp300 Juta, Pria Pakistan Ini Berbalut Emas demi Pernikahan yang Meriah

Goodnight stories for rebel girls

Buku ini adalah buku yang bagus, bukan hanya untuk anak kecil, tapi seluruh gadis dari segala usia. Buku ini berisikan daftar 100 wanita yang paling kuat dan inspiratif melalui sejarah, disertai dengan potret dari para wanita tersebut.

(Foto: .giftedboutiqueandwrappery)

Room on the broom

Meskipun buku ini juga memiliki karakter binatang yang berbicara, namun karakter utamanya adalah seorang penyihir yang sangat baik hati dan membantu hewan yang dia temui. Sebuah buku lucu yang mengajarkan kebaikan kepada anak-anak kecil

 

(Foto: TeachersPayTeachers)

Zog

Ini adalah kisah seekor naga dan seorang putri. Namun, berbeda dengan cerita kesatria yang biasanya melawan naga, putri ini ingin menjadi seorang dokter karena ingin merawat naga yang terluka.

(Foto: Scholastic Shop)

A chair for my mother

Buku ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang berisikan anak perempuan, seorang ibu dan nenek. Mereka pun harus berjuang mengumpulkan uang untuk membeli sebuah benda.

Gadis muda tersebut menghemat uang, ibunya menyimpan semua tip yang dia dapatkan dari bekerja, dan si nenek menyimpan semua uang yang dia dapat untuk membeli kursi besar bagi mereka bertiga. Ini adalah cerita tentang keluarga dan bukti bahwa wanita mampu mencapai apa yang mereka mau.

(Foto: Youtube)

Amelia to Zora

Buku ini mirip dengan ensiklopedia alfabetik yang memunculkan semua wanita kuat dalam sejarah, dari orang-orang seperti Oprah hingga Amelia Earhart. Sebuah buku yang menarik untuk dibaca dan menunjukkan ke anak Anda bahwa banyak wanita hebat di dunia ini.

(Foto: Goodreads)

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini