Image

Tips Sukses Ramadan, Bikin Rencana Anda dari Sekarang!

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 196 1899863 tips-sukses-ramadan-bikin-rencana-anda-dari-sekarang-c1rM12jY9g.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

RAMADAN tengah berlangsung dan umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Salah satu tips sukses menjalankan ibadah pada Ramadan tahun ini ialah membuat perencanaan.

Perencanaan ini seharusnya bisa Anda buat sebelum masuk Ramadan. Akan tetapi, tidak ada kata terlambat untuk membuat perencanaan dari sekarang, mengingat Ramadan baru saja dimulai.

Berikut ini tips sukses Ramadan, seperti dilansir Aboutislam, Jumat (18/5/2018).

Buat Sederhana

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dan komitmen yang berbeda pula yang mereka atur pada saat Ramadan. Sehingga, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk merencanakan sesuatu berdasarkan keadaan individu masing-masing.

Buatlah rencana sederhana yang realistis, sehingga Anda yakin bisa melakukannya. Anda yang mengetahui diri Anda sendiri dan kemampuan yang Anda miliki.

 

Anda bisa membuat rencana atau target untuk mengerjakan salat tarawih dan witir misalnya. Selain itu, buat rencana untuk membaca Alquran serta berdoa.

Baca Juga: Tutorial Pakai Sarung Ini Bukannya Inspiratif Malah Bikin Ngakak, Ada Pakaian Sekte Pengabdi Setan!

Libatkan Orang Terdekat Anda

Jika Anda telah berkeluarga, ini saatnya melibatkan anak-anak untuk membuat rencana untuk mereka juga. Tanyakan pada anak apa yang ingin mereka capai pada Ramadan?

Anda juga bisa menambah kreativitas dengan cara membuat daftar ceklis yang diletakan di papan atau pintu lemari es. Dengan demikian, anak bisa kapan saja mengakses ceklis apabila telah selesai mengerjakan suatu pekerjaan.

 

Cara ini juga bisa menciptakan motivasi yang kuat pada diri anak. Tidak hanya anak-anak, orangtua pun bisa menggunakan teknik ini.

Baca Juga: Perdana Menteri Malaysia Curi Perhatian karena Kenakan Sandal Kurang dari Rp50 ribu

Jadikan Rencana Bagian dari Rutinitas

Membuat rencana apa yang akan Anda lakukan sebagai bagian dari kegiatan rutinitas bisa membantu Anda untuk tetap menjalankan aktivitas tersebut. Misalnya, setelah salat Ashar, Anda mungkin bisa duduk bersama dengan keluarga untuk menonton ceramah selama 30 menit.

Anda mungkin berencana untuk mempelajari Alquran selama 30 menit setelah salat Subuh dan kemudian memanfaatkan waktu 30 menit latihan atau olahraga ringan ketika matahari terbit.

Kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat ikatan di dalam keluarga baik selama Ramadan atau tidak.

Belajar dari Pengalaman

Merencanakan kegiatan selama Ramadan bisa membantu Anda sukses dalam mencapai apa saja target-target yang ingin Anda selesaikan. Dari rencana-rencana ini, Anda akan dapat mengukur diri, melihat apakah Anda bisa melakukannya dengan sempurna atau masih belum ada poin yang terlaksana.

Dengan demikian, Anda bisa mengevaluasi setiap rencana yang Anda buat untuk bisa lebih menyempurnakan apa yang akan Anda persiapkan untuk Ramadan di masa yang akan datang. Belajar dari pengalaman sebagai suatu langkah untuk dapat membuat target-target yang lebih realistis di masa depan.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini