Share

7 Prosesi Pernikahan Kerajaan Inggris yang Akan Dilakukan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 19 Mei 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 18 196 1899922 7-prosesi-pernikahan-kerajaan-inggris-yang-akan-dilakukan-pangeran-harry-dan-meghan-markle-9PORStWCWP.jpg Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: Hellomagazine)

SEJUMLAH pasangan hingga kini masih mengikuti tradisi ketika memutuskan untuk menikah. Ada yang berdasarkan adat istiadat, ada pula karena memang sudah menjadi peraturan seperti pernikahan di kalangan keluarga kerajaan. Hal ini pula yang harus diikuti oleh Pangeran Harry dari Inggris dan Meghan Markle.

Keduanya akan menikah hari ini di Kapel St. George. Melansir Reader’s Digest, Sabtu (19/5/20187), inilah sederet tradisi yang harus diikuti oleh pasangan ini:

Membawa buket bunga myrtle

 

Sudah menjadi hal yang umum bila perempuan ketika menikah akan membawa sebuket bunga di tangannya. Khusus untuk pernikahan keluarga Kerajaan Inggris, pengantin perempuan akan membawa sebuket bunga myrtle. Tradisi ini sudah berlangsung sejak zaman Ratu Victoria menikah dengan Pangeran Albert pada 1840.

Meletakkan buket bunga di makam Unknown Warrior

Bila biasanya buket bunga pengantin akan dilemparkan pada tamu undangan yang hadir, tidak demikian dengan tradisi pernikahan di Kerajaan Inggris. Buket bunga itu akan diletakkan di makam Unknown Warrior sebagai tanda penghormatan kepada mereka yang meninggal dalam pertempuran selama Perang Dunia I. Letak makam itu sendiri berada di daerah Westminster Abbey.

Menggunakan cincin emas Welsh

 

Sejak pernikahan Raja George VI dan Elizabeth Bowes-Lyon, emas digunakan sebagai cincin pernikahan. Cincin itu diberikan secara turun menurun. Namun pada saat pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, mereka membuat sendiri cincin mereka yang terbuat dari emas. Besar kemungkinan Pangeran Harry dan Meghan Markle melakukan hal yang sama.

Tidak memiliki best man

Bila pengantin perempuan biasanya memiliki bridesmaid atau pengiring pengantin, pengantin laki-laki akan memiliki best man. Tapi hal ini tidak berlaku untuk pernikahan Kerajaan Inggris. Walau begitu Pangeran William telah melanggar tradisi ini pada saat menikah karena ia memilih Pangeran Harry menjadi best man.

Menaiki kereta kencana

 

Dalam tradisi pernikahan Kerajaan Inggris, pengantin biasanya akan menaiki kereta kencana dalam perjalanannya menuju tempat pemberkatan. Begitu juga saat mereka menuju tempat resepsi. Pengantin akan tetap menaiki kereta kencana dalam kondisi cuaca apapun, baik cerah maupun hujan.

Mengenakan pakaian militer

 

Sudah menjadi tradisi turun menurun bila pengantin pria akan mengenakan pakaian militer di hari pernikahannya. Begitu juga dengan Pangeran Harry yang pernah menjadi pilot Angkatan Darat.

Melakukan sesi foto keluarga secara resmi

 

Usai melakukan pemberkatan pernikahan, pengantin dari keluarga Kerajaan Inggris biasanya akan melakukan sesi foto keluarga resmi. Biasanya tempat yang dipilih untuk melakukan pemotretan adalah Ruang Takhta Istana Buckingham.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini