nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pantai Falajawa hingga Dodoku Jadi Lokasi Favorit Warga Ternate untuk Ngabuburit

ant, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 17:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 18 196 1899944 pantai-falajawa-hingga-dodoku-jadi-lokasi-favorit-warga-ternate-untuk-ngabuburit-5qrNBDKLjR.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

TERNATE - Sejumlah objek wisata pantai di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), khususnya yang berada di pusat kota, menjadi lokasi favorit bagi masyarakat setempat untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngaburit.

"Ngaburit di objek wisata pantai memberi kesan tersendiri, karena selain bisa menikmati keindahan pantai, juga melahirkan kesadaran spritual terhadap kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta,"kata salah seorang warga Ternate, Muhammad Faisal yang ngaburit di Pantai Falajawa, Jumat.

Objek wisata pantai di Ternate yang banyak dipilih masyarakat untuk ngaburit, selain Pantai Falajawa adalah Land Mark Ternate, Taman Nukila, Pantai Dufa-Dufa dan Taman Kota Toboko, Pantai Kastela dan Dodoku Ali.

Menurut dia, hal lain yang membuat objek wisata tersebut banyak diminati masyarakat untuk ngaburit adalah dekat dengan masjid sehingga ketika tiba Salat Maghrib, tidak kesulitan mencari tempat shalat.

[Baca Juga: Buka Puasa Enaknya dengan Kolak Pelangi yang Lezat dan Praktis]

Selain itu, banyak pula pedagang yang menjual takjil atau menu berbuka puasa, yang sengaja diizinkan Pemkot Ternate untuk berjualan di lokasi itu selama Ramadan, sehingga masyarakat juga tidak kesulitan mencari takjil untuk berbuka puasa.

Ilustrasi: Okezone

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Ternate, Samin Marsaoly mengatakan pihaknya sejak beberapa tahun terakhir terus membenahi objek wisata pantai yang ada di pusat kota, terutama dari segi penyediaan infrastruktur agar bisa memberi kenyamanan kepada masyarakat, seperti ketika ngaburit di bulan Ramadhan.

Banyaknya masyarakat yang memanfaatkan objek wisata pantai itu sebagai lokasi ngaburit, memberi kontribusi terhadap pengembangan ekonomi kreatif, seperti para penjual takjil yang setiap harinya meraih pendapatan ratusan ribu rupiah.

[Baca Juga: Cara Berbuka Puasa yang Benar dari Sisi Kesehatan]

Namun banyaknya penjual takjil di objek wisata pantai tersebut menimbulkan masalah tersendiri, khususnya bagi pengguna jalan raya, karena mereka berjualan hingga di badan jalan yang mengakibatkan kemacetan, terutama menjelang waktu berbuka puasa.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini