nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Puasa Enaknya dengan Kolak Pelangi yang Lezat dan Praktis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 18 298 1899837 buka-puasa-enaknya-dengan-kolak-pelangi-yang-lezat-dan-praktis-NwbNjaUhf6.jpg Kolak biji pelangi (Foto: Majalahkartini)

SALAH satu menu berbuka puasa yang selalu hadir selama bulan Ramadan adalah kolak. Makanan berbahan dasar pisang ini memang sangat digemari karena teknik pengolahannya yang sangat praktis, dengan cita rasa manis dan gurih yang pas di lidah.

Jika pada umumnya kolak disajikan dengan warna yang cenderung monoton yaitu, kuning kecokelatan, Anda bisa membuat kreasi kolak pelangi agar tampilannya lebih menarik dan disukai oleh seluruh anggota keluarga di rumah, terutama si kecil. Tidak sulit kok membuatnya.

Dikutip dari buku Resep Aneka Kolak Spesial, karya ide masak, Jumat (18/5/2018), berikut Okezone rangkumkan resep lengkap membuat kolak pelangi untuk menu berbuka puasa. Selamat mencoba.

Kolak Pelangi

Bahan

100 g kolang-kaling, iris tipis membujur

6 buah pisang uli yang masak, kupas, potong melintang 2 cm

150 g ubi jalar, kupas, potong 2 x 1 cm, rebus hingga matang, tiriskan

Adonan pelangi

150 g tepung ketan beras

1 sdt gula pasir

1 sdt air kapur sirih

125 ml air hangat

pewarna makanan merah, kuning, hijau, masing-masing 2 tetes, 1 liter air, untuk merebus

Kuah, rebus hingga gula larut, saring

1500 ml santan dari 1 butir kelapa parut

200 g gula pasir

50 g gula merah, isisr

1/2 sdt garam

3 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat

1. Adonan pelangi: Uleni tepung ketan, gula, dan air kapur sirih sambil tuangi air hangat hingga adonan dapat dipulung. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Masing-masing beri pewarna yang berbeda. Bentuk adonan bulat panjang seperti pensil, potong-potong 2 cm. Atau bentuk adonan sesuai selera. Didihkan air, rebus hingga adonan mengapung. Tiriskan, sisihkan;

2. Penyelesaian: Jerang kuah bersama kolang-kaling. Masak hingga kolang-kaling empuk. Masukkan pisang dan ubi, aduk rata. Masak sebentar hingga pisang matang. Masukkan adonan warna-warni. Aduk rata, didihkan kembali, angkat. Sajikan.

Kolak Biji Pelangi

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini