Share

Jangan Asal, Begini Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 18 Mei 2018 22:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 18 298 1900031 jangan-asal-begini-cara-menyimpan-makanan-di-kulkas-yang-benar-qFDFkzh59R.jpg Ilustrasi (Foto: Thekitchn)

KEHADIRAN kulkas alias lemari pendingin sebagai salah satu peralatan rumah tangga yang paling penting, memang tidak bisa dibantah.

Dengan kulkas, maka makanan baik yang sudah diolah ataupun bahan makanan yang masih mentah bisa tersimpan aman.

Akan tetapi tunggu dulu, ngomong-ngomong soal penyimpanan makanan di lemari pendingin. Pernahkah kita berfikir apakah selama ini kita sudah menyimpan makanan di kulkas dengan cara yang tepat? Jika masih bingung, maka tidak ada salahnya untuk membaca ulasan soal poin-poin penting soal menyimpan makanan di kulkas di bawah ini terlebih dahulu.

1. Menyimpan makanan mentah dingin, diproses, ataupun dikemas harus sesuai dengan jenis dan kebutuhan makanan itu sendiri.

2. Suhu temperatur kulkas harus berada di titik suhu -5 derajat celcius.

Simpan makanan

3. Sedangkan suhu temperatur bagian freezer dikatakan harus dijaga di titik suhu -18 derajat celcius.

4. Makanan yang hendak ingin disimpan dalam lemari pendingin, harus dibuat dalam bentuk porsi โ€“porsi yang kecil. Mengapa? Karena hal ini untuk memastikan pendinginan yang seragam.

5. Buah yang baru dipotong atau diolah jadi jus, pada dasarnya harus segera langsung dikonsumsi. Namun, bisa tetap disimpan di lemari es dengan wadah tertutup rapat dengan catatan, dalam waktu yang singkat.

6. Makanan matang yang dikonsumsi di kemudian waktu, sebelum disimpan di lemari es terlebih dahulu harus didinginkan. Sebaiknya, beri label paket makanan dengan tanggal menggunakan stiker untuk melacak makanan yang disimpan ini.

7. Letak penataan dalam menyimpan berbagai jenis makanan di kulkas juga harus diperhatikan loh. Ingat, ketika menyimpan di dalam kulkas, maka simpanlah makanan matang di rak bagian atas, sedangkan bahan makanan mentah di rak bagian bawah.

Simpan makanan

8. Makanan yang berpotensi berbahaya seperti daging, ikan dan daging unggas dikatakan idealnya disimpan beku dengan suhu pada atau di bawah -18 derajat celcius, tetapi bisa juga didinginkan pada atau di bawah 5 derajat celsius. Wadah untuk menyimpan bahan-bahan makanan di atas harus ditutup rapat, dan diletakkan dengan posisi di bawah rak penyimpanan makanan yang telah dimasak (makanan matang).

9. Makanan yang dimasak sebelumnya (pre-cooked) seperti kentang goreng itu disebutkan tetap harus disimpan beku di dalam freezer. Demikian seperti dilansir Timesofindia, Jumat (18/5/2018).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini