Image

Eksplor Wisata Guizhou, dari Goa Terpanjang hingga Jembatan Tertinggi

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 11:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 18 406 1899753 eksplor-wisata-guizhou-dari-goa-terpanjang-hingga-jembatan-tertinggi-plNX6tNDdz.jpg Air Terjun Huangguoshu. Foto: Shutterstock

SALAH satu provinsi dengan pertumbuhan tercepat di China, Guizhou, menjadi salah satu tujuan wisata paling menjanjikan di negara ini. Pemandangannya menakjubkan dan kaya akan nilai sejarah.

Provinsi Guizhou berbatasan dengan Provinsi Sichuan di utara, Provinsi Yunnan di barat, Provinsi Guangxi di selatan, dan Provinsi Hunan di timur. Wilayahnya bergunung dengan lebih banyak bukit di bagian barat. Sementara di bagian timur dan selatan relatif datar.

Sebagai tujuan wisata, provinsi ini memiliki Air Terjun Huangguoshu yang disebut sebagai air terjun terbesar di China. Bagian selatan Guizhou juga dikenal sebagai tempat tinggal suku minoritas Dong. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dieksplorasi di Guizhou.

Goa Pemecah Rekor

Goa Shuanghe di Kabupaten Suiyang, Guizhou, sudah menjadi tujuan wisata yang populer. Dikutip CNN , setelah beberapa dekade eksplorasi, goa yang memiliki panjang 238 km ini merupakan gua terpanjang di Asia. Sebelumnya rekor ini dipegang Clear water Cave di Sarawak, Malaysia. Jaringan Goa Shuanghe terdiri atas delapan gua utama dan lebih dari 200 pintu masuk.

Selama 19 kali survei yang dilakukan sejak goa karst ditemukan tiga dekade lalu, para ilmuwan telah menemukan sejumlah fosil langka, termasuk harimau yang sudah punah, fitur bentuk lahan bawah tanah, termasuk lima sungai dan air terjun serta banyak spesies hewan yang tinggal di goa. Sementara itu, di Ziyun, daerah lain di Guizhou, pelancong akan menemukan Miao Room, goa terbesar berdasarkan volume di dunia.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Musim Semi di China]

Teleskop Radio Singledish Terbesar di Dunia

Dengan diameter sebesar 30 kali lapangan football, Teleskop Radio Aperture Sphere China (FAST) sepanjang 500 meter ini dijuluki The Eye of Heaven. Ini adalah teleskop radio singledish terbesar di dunia. Meskipun tidak dibangun untuk tujuan mencari kehidupan ekstrateritorial, kepekaan dan ukuran FAST kemungkinan besar bisa menjadi lokasi kontak pertama bumi dengan makhluk asing atau alien.

Terletak di cekungan alami yang subur di Dawodang Depression, FAST telah mengidentifikasi 11 pulsar, bintang neutron berputar yang penting untuk menjawab pertanyaan tentang alam semesta. FAST selesai dibangun pada 2016. Lokasinya yang terpencil adalah salah satu dari 400 tempat yang disurvei para ilmuwan selama 10 tahun. Mengapa Guizhou? Karena lembahnya berbentuk mangkuk telur berukuran sempurna dan pegunungan di sekitarnya memberikan perlindungan terhadap gangguan frekuensi radio.

Meskipun para pelancong tidak dapat mengunjungi teleskop, Taman Wisata Ilmu Astronomi seluas 300 hektare direncanakan dibangun di Desa Hang Lung yang berjarak hanya 5 km dari FAST. Taman ini akan menampilkan 15 proyek bertema astronomi yang berbeda, termasuk pusat pengunjung FAST, taman langit gelap, dan desa astronomi.

Minuman Khas China


Minuman Moutai. Foto Shutterstock

Moutai, yakni baijiu tanpa warna yang disuling dari sorgum yang difermentasi, secara luas dianggap sebagai minuman keras nasional China.Ini adalah minuman pilihan dalam jamuan makan resmi selama beberapa dekade. Richard Nixon dan Barack Obama adalah di antara banyak tamu yang telah dijamu moutai oleh para pemimpin China selama kunjungan mereka.

Moutai sangat populer selama Tahun Baru Imlek. Harganya melonjak menjadi sekitar USD200 (Rp2,8 juta) per botol ukuran 500 ml. Moutai bahkan melampaui LVMH Group dalam kapitalisasi pasar sebagai merek paling mewah di dunia pada Januari 2018, tepat sebelum liburan Tahun Baru Imlek.

Moutai juga sempat disajikan untuk Kim Jong Un di sebuah perjamuan barubaru ini di China. Moutai yang disajikan tersebut adalah versi langka yang diseduh pada 1980-an dan menjadi koleksi yang diinginkan banyak orang. Selain mencoba minuman khas ini, ada juga taman museum yang menjelaskan budaya dan sejarah minuman keras yang terkenal tersebut. Ada juga patung moutai botol besar bertingkat tujuh.

[Baca Juga: Guizhou, Skywalk Paling Ekstrem]

Air Terjun Paling Indah di China


Air Terjun Huangguoshu. Foto-Shutterstock

Huangguoshu di wilayah Anshun Guizhou adalah salah satu air terjun terbesar dan terindah di dunia. Air terjun ini memiliki ketinggian 70 meter dan membentang 101 meter. Wisatawan dapat melihat sekilas dengan berjalan di sepanjang gua tirai air setinggi 134 meter di belakang lereng. Tempat ini juga menjadi bagian dari kelompok 18 air terjun di Taman Nasional Huangguoshu.

Jembatan Tertinggi di Dunia

Jembatan Beipanjiang di barat daya China sekarang terbuka untuk lalu lintas. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia, yakni 565 meter. Men julang di atas Sungai Beipan, Jembatan Beipanjiang meng hubungkan dua tebing di Guanling dan Guizhou.

Jembatan ini juga menjadi jembatan tertinggi di dunia, yang setara dengan gedung pencakar langit 200 lantai. Jembatan itu menelan biaya lebih dari USD140 juta (Rp1,9 triliun) dan pembangunannya membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini