nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penderita Kanker Tetap Bisa Berpuasa, Ini Tipsnya!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 14:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 18 481 1899808 penderita-kanker-tetap-bisa-berpuasa-ini-tipsnya-kVKdw7xAmu.jpg Ilustrasi (Foto: Mymedicalutama)

SEJUMLAH penelitian menunjukkan bahwa berpuasa dapat membantu penderita kanker menghadapi penyakitnya. Berpuasa juga diklaim dapat meningkatkan efektivitas perawatan bagi penderita kanker karena akan memicu regenerasi sel stem.

Namun, ada satu ganjalan bagi para penderita kanker yang sedang menjalani pengobatan untuk berpuasa terutama bagi penderita yang memiliki jenis kanker yang sudah menjalar ke bagian tubuh lain atau mengalami efek samping pengobatan. Sebab, mereka harus benar-benar memerhatikan asupan nutrisi yang harus dipenuhi.

 Baca juga: Dari Pencinta Barbie Sampai Binatang, Ini Dia 3 Keluarga Aneh bin Ajaib Sedunia!

Dilansir dari Cancer Net, praktisi diet Amerika Serikat (AS), Suzanne Dixon mengatakan, penderita kanker yang ingin berpuasa setidaknya harus mendapat rekomendasi dari dokter. Sebab, ada kondisi-kondisi tertentu yang menyebabkan penderita kanker tidak disarankan untuk berpuasa.

 

Pasien yang sedang menjalani kemoterapi sudah pasti tidak disarankan untuk berpuasa. Sebab, perut tidak boleh dibiarkan dalam keadaan kosong dan pasien harus tetap terhidrasi. Karena itu, Dixon menyarankan agar penderita kanker yang ingin berpuasa untuk sering berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasi juga tidak hanya dilakukan dengan dokter, tetapi dengan seluruh tim medis yang terlibat dalam perawatan penderita, termasuk suster dan ahli onkologi. Bila penderita dinyatakan stabil dan tidak mengalami komplikasi, maka masih dimungkinkan untuk menjalani ibadah puasa.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ibadah puasa harus dilakukan di bawah penanganan serta anjuran tim medis terkait. Selama berpuasa, sudah pasti asupan makanan pasti berkurang, sementara saat menjalani pengobatan, para penderita akan mengalami peningkatan kebutuhan nutrisi.

  Baca juga: Ternyata Nenek Ini Sosok Pengisi Suara Penanda 'Pintu Bioskop Telah Dibuka'

Karena itu, butuh saran dan anjuran dari berbagai tim medis. Mereka dapat merancang serta mengatur asupan makanan secara benar dan baik, terutama terkait pemilihan porsi, serta jadwal makan. Diskusi mendalam dengan dokter serta ahli gizi sangat penting agar puasa tidak menghambat pengobatan yang sedang dijalani.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini