nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada! 5 Penyakit Ini Paling Sering Dialami saat Berpuasa, Ketahui Cara Mengatasinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 18 481 1899843 waspada-5-penyakit-ini-paling-sering-dialami-saat-berpuasa-ketahui-cara-mengatasinya-ZQQf7Na8JI.jpg Ilustrasi (Foto: Delicious Recipes)

SAAT Anda berpuasa, maka tubuh dibiarkan kekurangan cairan dan gizi seimbang sampai waktunya berbuka. Hal ini yang kemudian membuat tubuh cukup rentan terserang penyakit.

Terlebih, saat Anda berpuasa, aktivitas tidak ada yang berubah, bahkan cenderung lebih padat. Tentunya ini menjadi kendala tersendiri. Padahal, mau bagaimana pun tubuh Anda tetap harus sehat dan mendapatkan gizi yang baik demi kelangsungan hidup yang baik.

Jika bicara mengenai masalah kesehatan yang sering terjadi saat berpuasa, Okezone coba merangkumnya khusus untuk Anda. Biasanya, masalah ini muncul karena tubuh Anda tidak terbiasa dengan aktivitas menahan lapar dan haus atau juga karena faktor lingkungan.

 (Baca Juga: Tutorial Pakai Sarung Ini Bukannya Inspiratif Malah Bikin Ngakak, Ada Pakaian Sekte Pengabdi Setan!)

Maag

Penyakit ini banyak menyerang mereka yang memang memiliki masalah di lambungnya. Ketidakcukupan asupan makanan yang masuk membuat lambung bekerja lebih ekstra dalam memastikan keseimbangan tubuh. Dampak yang terjadi kemudian adalah rasa mual, serasa ada yang ingin keluar dari tenggorokan, bahkan nyeri di bagian lambung yang teramat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mudah dicerna saat berbuka puasa lalu menjaga kesehatan lambung kembali dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri lambung yang biasa Anda konsumsi.

Sakit kepala

 

Masalah ini bisa muncul juga salah satunya karena ketidakcukupan asupan makanan. Karena tubuh kekurangan nutrisi dan gizi, maka reaksi yang bisa terjadi adalah sakit kepala disertai dengan pusing. Terlebih jika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari dan perut kosong. Jika sudah mengalami gejala ini, segera atasi. Jangan sampai Anda pingsan!

Untuk mengatasi masalah ini, selepas berbuka, usahakan untuk konsumsi air putih yang cukup dan mengonsumsi cukup makanan atau minuman yang manis. Tak ketinggalan, pastikan tubuh Anda mendapatkan istirahat yang cukup.

Gangguan pencernaan

Masalah ini cukup banyak diderita mereka yang mengonsumsi makanan tidak sehat selama sahur dan berbuka puasa. Sembarang mengonsumsi makanan dan minuman akan berdampak langsung pada sistem pencernaan Anda. Terlebih jika Anda rakus saat berbuka puasa dan makan berlebihan saat sahur dengan niat supaya tubuh kuat.

Mengatasi masalah ini tentunya dimulai dari memilah makanan yang akan Anda konsumsi. Pastikan tidak banyak mengandung garam, gula, dan kurangi konsumsi makanan yang digoreng. Kemudian, pastikan juga konsumsi airnya tetap cukup.

Flu

 

Masalah ini bisa datang karena tubuh Anda tidak mendapatkan asupan yang cukup. Hal ini yang kemudian membuat sistem imun Anda tidak terjaga dengan baik. Jika sistem imun sudah rusak, maka penyakit yang paling mudah terjadi adalah flu. Penyakit ini pun sebetulnya jangan dianggap enteng, jika dibiarkan terus, ya, akan menjadi penyakit serius. Seperti batuk dan beberapa infeksi lainnya.

Sebagai upaya mengatasinya, Anda bisa memastikan mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup dan tentunya jangan bandel-bandel dulu dengan jenis makanan yang tidak sehat. Konsumsi obat jika dirasa tubuh Anda semakin lemah.

 (Baca Juga: Perdana Menteri Malaysia Curi Perhatian karena Kenakan Sandal Kurang dari Rp50 ribu)

Radang Tenggorokan

Keseringan mengonsumsi makanan bernyinyak akan membawa dampak buruk bagi tubuh Anda, khususnya adalah masalah radang tenggorokan. Terlebih jika Anda tidak mengonsumsi air putih yang cukup, maka tenggorokan akan kering dan radang tenggorokan bisa menyerang Anda.

Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi atau tidak sama sekali mengonsumsi makanan super pedas, terllau dingin, atau mengandung perasa yang kuat. Pastikan asupan sayuran dan buah juga cukup untuk merilekskan kembali kondisi tenggorokan yang luka tersebut.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini