nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Kembangkan Pariwisata Indonesia agar Mampu Bersaing dengan Negara Lain

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Minggu 20 Mei 2018 15:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 20 406 1900487 5-cara-kembangkan-pariwisata-indonesia-agar-mampu-bersaing-dengan-negara-lain-PxK2u2w4Ln.jpg (Foto: Reuters)

INDONESIA merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keindahan alam. Dari Sabang sampai Merauke terpampang jelas keindahan alam yang beraneka ragam.

Meski demikian, hingga saat ini, Indonesia masih belum optimal untuk mempromosikan tempat wisatanya secara merata. Masih banyak tempat menarik yang seakan tersembunyi dan belum terjamah manusia.

Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membahas lima cara untuk mengembangkan pariwisata Indonesia, agar bisa bersaing dengan negara lain di luar negeri.

1. Gencarkan promosi destinasi wisata yang menarik

Indonesia terkenal akan keindahan alamnya yang sangat beragam. Tak aneh bila banyak wisatawan asing berbondong-bondong datang ke Indonesia sekadar menikmati keindahan alam yang tidak mereka temukan di negara asalnya. Meski demikian, tidak semua turis mengetahui semua destinasi menarik di Indonesia.

 

Oleh sebab itu, promosi destinasi melalui brosur dengan mencantumkan nama dan petunjuk arah yang tepat, bisa menjadi solusi meningkatkan wisatawan mancanegara.

Baca juga: 8 Gaun Pengantin Royal Wedding Termahal, Punya Kate Middleton Salah Satunya!

2. Tingkatkan iklan pariwisata berbasis digital

Sebenarnya promosi ini sama seperti poin pertama. Saat ini Indonesia memiliki situs resmi bernama Wonderful Indonesia yang langsung ditangani oleh Kementerian Pariwisata. Sebenarnya hal ini sudah sangat bagus dan membantu. Promosinya pun sudah sampai ke berbagai negara.

 

Dengan meng-update tempat-tempat wisata secara berkala serta menampilkan banyak foto dan tulisan mengenai destinasi tempat wisata, maka turis akan semakin penasaran untuk berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: Cerita Cinta dan Tradisi di Balik Cincin Royal Wedding

3. Berikan fasilitas pariwisata yang memadai

Salah satu hal yang paling menghambat dari pariwisata Indonesia adalah keterbatasan sarana dan prasarana ke tempat wisata. Meski sebagian besar masalah tersebut telah diatasi pemerintah, namun masih banyak tempat yang belum terjangkau oleh sarana dan prasarana yang memadai.

Selain fasilitas yang ada di dalam tempat wisata, faktor akomodasi juga wajib diperhitungkan. Pemerintah bisa menyediakan sarana transportasi yang dapat mengakses berbagai destinasi wisata sehingga mempermudah turis asing untuk berkunjung ke suatu tempat. Kemudahan ini tentunya akan menjadi nilai besar bagi kemajuan industri pariwisata di Tanah Air.

4. Libatkan peran serta masyarakat lokal

Masyarakat lokal wajib terlibat dalam membangun serta memelihara sarana dan prasarana di lingkungan pariwisata. Selain dapat memberikan informasi yang jelas tentang asal mula suatu tempat, mereka juga bisa mengajarkan para turis tentang kearifan lokal.

Budaya dan tradisi setempat bisa mereka ajarkan dan perkenalkan kepada para wisatawan asing. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu nilai tambah bagi pariwisata Indonesia. Penduduk sekitar pun bisa merasakan benefit dari kedatangan para wisatawan asing yang akan mempengaruhi ekonomi mereka.

5. Paket wisata murah (Open Trip)

Paket wisata murah dan jelas merupakan salah satu hal yang paling penting untuk memajukan pariwisata di Indonesia. Dengan tujuan dan harga yang tercantum dengan jelas, maka wisatawan akan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.

Apalagi jika pemerintah bisa menyediakan paket wisata murah dengan beberapa penginapan, restoran dan juga transportasi yang memadai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini