Perawatan Wajah dengan Asam Jawa untuk Bikin Kulit Bersinar, Ini Caranya!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 21 194 1900696 perawatan-wajah-dengan-asam-jawa-untuk-bikin-kulit-bersinar-ini-caranya-2vSj4kTFTz.jpg Asam jawa (Foto: Maalaimalar)

POLUSI yang setiap hari kita hadapi penuh dengan sejumlah partikel kecil, seperti kotoran, debu, yang menciptakan radikal bebas pada kulit dan dengan demikian membuat kulit tampak kusam dan tak bernyawa. Selain itu, stres, kurang asupan air, terlalu banyak terpapar matahari, dan ketidakseimbangan hormon juga menyebabkan kulit kehilangan pancarannya.

Namun jangan khawatir karena Anda bisa menghidupkan kembali kulit kusam Anda dengan menggunakan asam jawa. Jadi, mari kita lihat manfaat dari asam jawa seperti yang dilansir dari Boldsky, Senin (21/5/2018):

Asam jawa (Tamarind) mengandung AHA, yang dikenal sebagai asam alpha-hydroxy yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit terlihat cerah dan bercahaya. Ini juga mengandung sifat anti-aging (penuaan) yang membantu menangkal garis-garis halus dan kerutan. Asam jawa juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya dan juga menyembuhkan masalah kulit tertentu.

BACA JUGA: Menaiki Jaguar E-Type Concept Zero Usai Resepsi, Gaya Meghan Markle Mirip 'Bond Girl'

Jadi, buah ajaib ini memiliki kekuatan super yang luar biasa yang dapat membuat kulit Anda bersinar. Sekarang, kita akan membahas tentang berbagai paket wajah asam jawa yang dapat Anda buat dengan mudah di rumah, dan yang terbaik adalah, harganya murah karena semua bahannya tersedia dengan mudah dan ramah-kantong juga.

Tetapi sebelum melanjutkan, selalu lakukan uji tempel pada kulit Anda karena sifat asam jawa tidak sesuai dengan jenis kulit sensitif. Jadi, hindari mengaplikasikan bubuk asam jawa langsung di wajah Anda. Dianjurkan untuk mencampurnya dengan tepung gram atau tepung beras. Jika Anda merasakan sensasi terbakar setelah uji tempel, segera cuci.

Berikut ini tiga paket perawatan wajah menggunakan asam jawa untuk kulit bercahaya:

Tepung Gram dan Bubuk Asam Jawa

Tepung Gram juga dikenal sebagai "Besan" dan memiliki banyak manfaat kulit. Ini melawan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit gelap, cacat, dan kulit kusam. Sifat alkalin dalam tepung gram bertindak sebagai pembersih alami dan karenanya menjaga keseimbangan pH kulit.

Tepung gram juga menghilangkan kotoran dari dalam dan membantu menghilangkan minyak berlebih dari wajah. Itu membuat kulit lembab sehingga terasa lembut dan halus. Ini juga mengandung sifat pemutihan, yang berarti membantu untuk membuat kulit lebih terang, meratakan warna kulit dan menambah cahaya untuk kulit kusam dan tak bernyawa. Terlebih lagi, tepung gram cocok untuk semua jenis kulit.

Bahan:

• 1 sendok teh tepung gram

• 2 sendok teh bubuk asam jawa

Cara Penggunaan:

• Tambahkan 1 sendok teh tepung gram dengan 2 sendok teh bubuk asam ke dalam mangkuk dan air, kemudian buat hingga seperti pasta kental.

• Rendam asam jawa dalam air, keluarkan daging dan buang kulit dan bijinya.

• Oleskan pasta ini ke seluruh wajah Anda dan pijat selama satu menit.

• Biarkan menempel di wajah Anda selama 20 menit atau sampai mengering.

• Cuci dengan air biasa dan oleskan pelembab setelahnya.

• Gunakan ini satu kali dalam seminggu.

Multani Mitti dan Bubuk Asam Jawa

Multani mitti dikenal sebagai Fuller's Earth. Multani mitti memiliki sifat pembersihan yang luar biasa, karena membunuh jerawat yang berbahaya dan bakteri penyebab jerawat, menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit dan membuat kulit terasa bersih.

Selain itu, efek pendinginannya yang luar biasa membantu meredakan peradangan dan kemerahan. Multani mitti adalah agen yang sangat baik dalam mengencangkan kulit dan juga mengurangi garis-garis halus dan keriput. Ini sangat cocok untuk semua jenis kulit.

Bahan:

• 1 sendok teh multani mitti

• 2 sendok teh bubuk asam jawa

Cara Penggunaan:

• Tambahkan 1 sendok teh multani mitti dengan 2 sendok teh bubuk asam dan buat menjadi pasta tebal.

• Oleskan ini ke seluruh wajah Anda dan biarkan hingga mengering.

• Sekarang, bersihkan dengan air dingin.

• Ulangi ini sekali dalam seminggu untuk kulit bersinar.

Yogurt, Air Mawar dan Asam Jawa

Yoghurt mengandung asam laktat, zat kuat yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan menciptakan cahaya alami pada wajah. Ia bekerja efektif dalam mengurangi kerutan dan garis-garis halus. Jika kulit Anda cenderung berjerawat maka yoghurt akan membantu melawan jerawat dan membuat kulit menjadi bersih. Juga, ia meratakan warna kulit dan meredakan kulit terbakar.

Rosewater (air mawar) kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit dan melembapkannya untuk waktu yang lama. Ini membersihkan kulit berminyak, memelihara dan meremajakan kulit kusam dan membantu kulit bersinar.

Bahan:

• 1 sendok makan bubuk asam jawa

• 1 sendok teh air mawar

• 1 sendok teh yogurt

Cara Penggunaan:

• Campurkan 1 sendok makan bubuk asam jawa, 1 sendok teh air mawar dan 1 sendok teh yogurt ke dalam mangkuk.

• Oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan di wajah Anda selama 20 menit.

• Cuci dengan air biasa.

• Gunakan obat ini satu atau dua kali dalam seminggu untuk kulit bersinar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini