nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jember Fashion Carnaval Wujud Kebangkitan Nasional

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 13:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 21 194 1900700 jember-fashion-carnaval-wujud-kebangkitan-nasional-uBD5wBTjPZ.jpg Ilustrasi (Okezone)

SETIAP negara memiliki ciri khas dan cara tersendiri untuk mengungkapkan kebudayaan yang mereka miliki. Kebudayaan mereka tersebut bisa dalam berupa makanan, baju adat, dan berbagai kreativitas yang mereka miliki.

Salah satu negara yang kerap merayakan festival yang menunjukkan budaya dan ciri khasnya adalah Brasil. Tiap tahunnya, Brasil selalu merayakan sebuah festival yang bernama Carnival Rio de Janeiro. Para penduduk setempat sangat menantikan acara tersebut, pasalnya aneka kreasi yang indah dan menarik, kerap disuguhkan dalam festival tersebut.

 Baca juga: Pasangan Kakek Nenek Sulap Bekas Tambang Jadi Tempat Wisata Menarik

Tak mau kalah dengan Brasil, Indonesia juga memiliki acara yang hampir serupa dengan di Rio de Janeiro. Untuk mempromosikan budaya dan kekayaan yang dimiliki, Indonesia juga memiliki sebuah festival busana yang diberi nama Jember Fashion Carnaval.

Acara ini memang sengaja dibuat untuk mempromosikan adat dan budaya yang dimiliki Indonesia. Selain itu festival ini juga berfungsi untuk menarik wisatawan asing yang penasaran dengan berbagai busana adat yang dipertontonkan.

Mirip dengan acara di Brasil, dalam kesempatan ini para seniman pakaian berlomba-lomba untuk menciptakan busana yang menarik dipandang mata. Acara ini diikuti ribuan peserta dan berlangsung di jalan utama kota Jember. Festival ini disaksikan langsung oleh ratusan ribu orang yang tersebar di kanan dan kiri jalan.

 Baca juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding

Jember Fashion Carnaval sendiri dibagi atas 10 kategori (defile). Defile pertama akan defile Archipelago yang mengangkat tema busana nasional dari daerah tertentu secara berkala seperti Jawa, Bali, madura, dayak, papua,Sumatera, dll.

 Jember Fashion Carnaval (Ilusrasi JFC)

Defile lainnya mengangkat tema fashion yang sedang trend apakah dari suatu negara, kelompok tertentu, film, kejadian atau peristiwa global lainnya.

Semua kostum yang dipakai akan dipertandingkan dalam acara tersebut. Pemenangnya tentu akan mendapat berbagai penghargaan.

 Baca juga: Tutorial Pakai Sarung Ini Bukannya Inspiratif Malah Bikin Ngakak, Ada Pakaian Sekte Pengabdi Setan!

Acara ini dimulai pada 2001, konsep awalnya adalah sebuah arak-arakan dengan Reyog sebagai utamanya. Namun, lambat laun mereka mulai mengubah tradisinya setelah mencontoh berbagai karnaval di benua Amerika.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini