Tak Disangka, Bahan-Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Usir Ketombe!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 03:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 21 194 1900903 tak-disangka-bahan-bahan-alami-ini-ternyata-bisa-usir-ketombe-4HSHWA3wUR.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

KADAR kepercayaan diri seseorang bisa menurun karena berbagai macam hal. Salah satunya karena memiliki ketombe. Terlebih ketika serpihan putih itu berjatuhan di pakaian berwarna gelap, bisa dibayangkan bagaimana malunya.

Ketombe disebabkan oleh jamur Malassezia yang tumbuh di kulit kepala. Jamur ini menyebabkan kulit menjadi luruh. Ada dua jenis ketombe yaitu kekeringan pada kulit kepala dan minyak berlebih di kulit kepala. Penyebab ketombe bermacam-macam, bisa karena jarang menyuci rambut, makanan tertentu, stres, serta penyakit seperti eksim dan dermatitis.

Terkadang untuk menghilangkan ketombe bukanlah hal yang mudah. Beberapa orang tetap memiliki ketombe biarpun sudah melakukan sejumlah perawatan. Melansir Mirror, Selasa (22/5/2018), berikut sejumlah bahan yang bisa membantu menghilangkan ketombe:

1. Sampo

Ketombe yang tidak diobati dapat berubah menjadi dermatitis seboroik yang tebal dan membuat kulit kepala sakit atau bahkan bisa menyebabkan kerontokan rambut. Gunakanlah sampo anti ketombe khusus untuk mengurangi ragi serpihan dan membantu mengelupas kulit kepala. Jangan lupa untuk teratur membersihkan rambut.

Keramas

2. Jus lemon

Campurkan satu sendok teh jus lemon dan 5 sendok teh minyak kelapa. Kemudian oleskan ke kulit kepala, biarkan selama setengah jam. Selanjutnya cucilah rambut menggunakan sampo ringan. Ketombe dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam tingkat pada kulit kepala. Asam dari lemon dapat membantu menyeimbangkannya kembali. Sedangkan minyak kelapa bertindak sebagai agen pengkondisi dan memiliki sifat antibakteri.

3. Minyak pohon teh

Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke sampo kemudian oleskan satu kali sehari selama minimal satu minggu di pagi hari atau pada saat keramas. Bilas setelah lima menitm Minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi dan memiliki tingkat penetrasi dermal yang lebih tinggi. Bahan ini juga bersifat antiseptik. Beberapa orang yang menggunakannya lebih dari empat minggu mengalami penurunan ketombe hingga 41%.

4. Aspirin

Dua tablet aspirin bisa menghilangkan ketombe karena memiliki salisilat yang terkelupas. Hancurkan tablet aspirin dalam mangkuk dan kemudian tambahkan sedikit sampo. Selanjutnya cuci rambut menggunakan campuran, biarkan selama dua menit lalu bilas.

5. Soda kue

Satu sendok makan soda kue yang digosokkan ke rambut dan kulit kepala yang basah dapat membantu menghilangkan ketombe. Biarkan soda kue selama satu menit menempel di rambut dan kulit kepala kemudian cuci rambut sampai bersih.

Soda Kue

6. Cuka sari apel

Campurkan cuka sari apel dan air pada saat yang sama. Kemudian gosokkan pada rambut yang basah kemudian biarkan selama 15 menit lalu cuci hingga bersih. Asam cuka dapat mengubah tingkat pH di kulit kepala sehingga menghentikan pertumbuhan ragi yang menyebabkan ketombe.

7. Obat kumur

Campurkan 1 sendok makan obat kumur dengan 9 sendok makan air putih. Lalu cuci rambut menggunakan sampo biasa dan bilas rambut kemudian gunakan campuran air obat kumur. Campuran ini memiliki sifat antijamur yang melawan ragi penyebab ketombe.

8. Minyak kelapa

Mereka yang berketombe tidak disarankan menggunakan kondisioner sehabis keramas. Sebagau gantinya oleskan minyak kelapa langsung ke rambut. Biarkan selama beberapa menit kemudian bersihkan. Minyak kelapa dapat masuk jauh ke epidermis dan bekerja dari sana. Minyak kelapa memiliki asam lemak yang meregenerasi area kulit kepala dan membantu mengobati ketombe.

Minyak Kelapa

9. Garam

Gosokkan garam ke kulit kepala hingga ke rambut selama 10 menit. Kemudian cuci rambut menggunakan sampo. Garam memiliki sifat abrasif yang membantu menggosok kulit kepala.

10. Aloe Vera

Gel lidah buaya telah sejak lama dipercaya bisa mengatasi masalah kulit kepala karena memiliki sifat antibakteri dan fungisida alami. Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan sampo ringan.

Lidah Buaya

11. Bawang putih

Hancurkan bawang putih dan campurkan dengan madu. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dengan cara dipijat. Biarkan selama 15 menit kemudian cuci rambut dengan sampo. Bawang putih memiliki sifat antijamur yang dapat mencegah ketombe.

12. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan pada kulit kepala karena melembabkan area yang mungkin mengelupas, melembabkan area, dan menghidrasi kulit kepala. Tuangkan 8-10 tetes minyak zaitun ke kepala dan kemudian bungkuslah kepala selama semalaman. Lalu bilas di pagi hari dengan menggunakan sampo normal Anda.

12. Minyak Jojoba

Pijat

Minyak jojoba mengandung seng, vitamin A dan B, dan yodium yang dapat membantu memerangi kulit kepala terkelupas. Gunakan 2 sendok makan minyak jojoba kemudian pijat ke kulit kepala. Tutupi kulit kepala selama 5-10 menit dengan handuk hangat. Biarkan minyak berada di rambut selama satu jam kemudian bilas dengan sampo ringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini