nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rebus Telur Sering Tak Matang atau Retak? Ini Tipsnya!

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 03:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 21 298 1900897 rebus-telur-sering-tak-matang-atau-retak-ini-tipsnya-HNr1ydN8Yl.jpg Telur (NDTV)

MEMBUAT telur rebus ternyata ada tekniknya. Walaupun terlihat mudah, tetapi selalu merasa tidak sempurna.

Dua masalah yang sering muncul saat membuat telur rebus adalah kematangan yang tepat dan kulit telur yang tidak terkelupas.

 Baca juga: Es Sirsak Warna-warni, Asam dan Manisnya Segarkan Buka Puasa Anda

Mengutip laman daily meal, Jakarta (22/5/2018), ada beberapa metode-metode untuk memasak telur rebus. Berikut caranya:

 Telur (Onceuponachef)

Langkah 1: Tempatkan telur ke dalam panci, rendam dengan air dingin dan letakan pot dia tas kompor. Lebih baik lagi menggunakan telur yang segar. Membran luar dalam telur segar cenderung melekat ke cangkang lebih dari telur yang lebih tua, membuat proses pengelupasan lebih sulit.

Langkah 2: Gunakan air dingin dan didihkan, setelah mendidih dan mengeluarkan buih, matikan api dan tutup. Masukan telur ke dalam air sampai matang sekira 9 menit untuk telur berukuran sedang dan 12 menit untuk telur berukuran besar. Ikuti waktu ini untuk memastikan bahwa telur akan dimasak dengan sempurna.

 Baca juga: Dengar Lagu Favorit Putri Diana, Pangeran Harry Sempat Menangis di Royal Wedding

Langkah 3: Saat timer mati (9-12 menit), keluarkan telur dari air panas dan letakkan dalam semangkuk besar air dingin untuk menghentikan proses memasak dan menurunkan suhu telur. Ketika telur mencapai suhu kamar, saatnya mengupasnya. Bila lebih dingin, telur akan lebih sulit untuk dikupas.

Langkah 4: Gulung telur di bawah telapak tangan Anda dan di atas meja sehingga cangkangnya pecah, lalu masukkan telur ke dalam mangkuk berisi air suhu kamar. Ini akan membantu melonggarkan membran yang menghubungkan putih ke shell. Selagi telur masih terendam, mulailah kupas. Anda juga dapat memilih mengupas telur di bawah air yang mengalir dari keran sehingga tekanan air yang ditambahkan dapat bekerja untuk mengangkat cangkang juga.

Voila! Telur rebus yang sempurna! Telur lezat Anda sekarang siap untuk dimakan langsung atau dilanjutkan ke menu masakan lainnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini