nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berburu Kuliner yang Memanjakan Lidah di Bandung

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 21:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 21 298 1900981 berburu-kuliner-yang-memanjakan-lidah-di-bandung-BzaVe2LHTB.jpg Berburu kuliner di Bandung (Foto: Utami/Okezone)

BANDUNG tak hanya dikenal karena tujuan wisatanya bagi para wisatawan. Tetapi juga beragam jenis kuliner yang siap memanjakan lidah.

Jika Anda berkunjung ke Kota Kembang itu, lidah Anda tak akan pernah kekurangan sesuatu untuk dikecap. Karena ke mana pun melangkah, Anda akan menemukan sesuatu yang memuaskan lidah dan perut.

Apa saja yang patut dicoba ketika berkunjung ke Bandung? Simak ulasannya seperti Okezone rangkum berikut ini:

 (Baca Juga:Viral Burger Mewah Seharga Rp34 Juta per Porsi, Begini Penampakannya)

Mi Kocok


Jika ke Bandung, jangan lupa cicipi mi kocok. Makanan yang satu ini berisi mi kuning dengan bentuk pipih, tauge, dan kikil. Semua bahan-bahan tersebut dicampur di dalam mangkok dan disiram dengan kuah kaldu sapi. Kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan irisan seledri. Anda bisa memesan mi kocok dengan campuran bakso.

 (Baca Juga:Es Sirsak Warna-warni, Asam dan Manisnya Segarkan Buka Puasa Anda)

Kuah mi kocok tidak hanya berasa kaldu sapi, tapi juga terasa asam dari perasan jeruk nipis. Rasa kuah yang sarat dengan rasa gurih dan asam ini memberikan kesegaran di dalam mulut. Anda bisa menambahkan kecap dan sambal sesuai selera. Beberapa mi kocok yang terkenal di Bandung adalah Mih Kocok Mang Dadeng, Mie Kocok Karapitan, Mie Kocok SKM, dan Mie Kocok Persib. Untuk harganya berada di kisaran Rp25 ribu-Rp40 ribu.

Dessert lembut dengan cita rasa khas Jepang

Jika sudah mencoba beberapa makanan gurih khas Bandung, saatnya mencicipi dessert yang lembut di mulut. Salah satu yang bisa Anda cicipi adalah soft japanese cheesecake yang diciptakan 30 tahun lalu di Jepang, Uncle Tetsu Shop. Kini Anda bisa merasakan menu cake yang diciptakan oleh Mr Tetsuhi Mizokami di Bandung. Anda bisa memilih cheesecake maupun cheesetart yang menjadi kue paling populer di sini.

 

Dengan berbagai bahan yang banyak dikirim langsung dari Jepang, Anda tidak akan kehilangan cita rasa seperti saat Mr Tetsushi Mizokami menciptakan pertama kali. Bahan-bahan baku tersebut sengaja dikirimkan dari Jepang untuk mempertahankan resep Uncle Tetsu yang otentik. Namun untuk telur dan susu menggunakan bahan dari peternak lokal.

"Cheesecake ini sebuah paduan dari resep Uncle Testu yang dipadukan dengan cheesecake di negara Barat namun dengan cita rasa asia. Jadi ini sangat lembut, beda dengan cheesecake dari Barat yang lebih heavy kalau orang bilang," ujar Richard A. Nugraha selaku Manager Uncle Tetsu Indonesia.

Selain bahan baku dari Jepang, beberapa peralatan pendukung lain juga didatangkan dari negara lain karena belum ada di Indonesia. Pengolahannya juga dilakukan dengan standart prosedur pembuatan makanan yang halal.

 

Cheesecake maupun cheesetart ini bisa Anda makan setelah berbuka puasa bersama keluarga. Namun jika Anda benar-benar penggemar cheesecake, mungkin Anda bisa melahap satu loyang kue untuk sendiri. Harga untuk satu loyang adalah Rp80 ribu.

"Kuenya fresh, tidak ada pengawet dan perasa, dan selalu dibuat segar saat itu juga dengan bahan-bahan yang masih sama dengan yang Uncle Tetsu buat di Jepang 30 tahun lalu," lanjut Richard.

Tekstur kue berwarna kuning ini sangat lembut di mulut. Sekali makan, Anda bisa ketagihan untuk merasakan kelembutannya terus-menerus. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kue. Karena kue ini hanya akan tahan 12 jam di suhu ruangan dan 3 hari jika disimpan di dalam kulkas.

Menikmati seafood enak dan murah

Sebagai salah satu kota dengan surga kuliner, Anda tidak akan kesulitan menemukan berbagai makanan di Bandung. Anda juga bisa menikmati olahan seafood yang kekinian dengan harga cukup murah. Salah satunya adalah Warung Celup yang berada di Jalan Sadang Serang Nomor 33, Dago Atas, Bandung.

Anda dapat memesan berbagai menu seafood yang disediakan di sini. Mulai dari kerang, cumi, kepiting, udang, hingga bayi gurita. Atau Anda bisa memesan menu campuran dari beragam jenis seafood yang disajikan untuk porsi 3 hingga lebih sekaligus. Harganya sekira Rp70 ribu untuk seafood campuran ini.

 

Bumbu yang ditawarkan beragam, ada saus padang, saus lada hitam, saus rica-rica, dan lainnya. Campuran seafood akan ditumpahkan di atas meja dengan lapisan plastik terlebih dahulu. Olahan seafood itu juga disajikan dengan potongan jagung dan buncis yang membuat menu makanan terlihat seimbang.

Rasa saus yang gurih, manis, dan pedas dicampur dengan kerang, udang, dan bayi gurita yang segar akan memanjakan lidah Anda. Untuk olahan dengan saus lada hitam, Anda akan merasakan pedasnya bumbu yang seakan membakar lidah. Ditambah dengan hangatnya nasi putih, olahan seafood ini akan membuat Anda terbayang-bayang dan ingin kembali lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini