nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mangga Cocok Dikonsumsi saat Berpuasa, Ini Alasannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 22:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 21 298 1901009 mangga-cocok-dikonsumsi-saat-berpuasa-ini-alasannya-lHQVe01ssf.jpg Ilustrasi mangga (Foto: Shutterstock)

SELAIN memiliki cita rasa manis yang lezat dan menggugah selera, mangga ternyata merupakan salah satu jenis makanan yang dapat membangkitkan energi. Buah ini mengandung berbagai nutrisi esensial yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, zat besi, dan kalium.

Tidak hanya itu, kandungan gulanya juga dapat menjadi sumber energi yang dapat menunjang aktivitas Anda sehari-hari, termasuk menjaga stamina tubuh. Mangga bahkan mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan seratnya dipercaya dapat menciptakan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga Anda tidak akan merasa lapar selama berpuasa.

 (Baca Juga:2 Rekomendasi Makanan Organik, Sehat, dan Mengenyangkan untuk Makan Sahur)

Namun ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum kalap mengonsumsi mangga. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa mangga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bisa membuat siapa saja ketagihan ketika menyantapnya. Rasanya belum puas jika belum menyantap habis potongan mangga bertekstur lembut itu.

 

Sayangnya, menurut beberapa ahli, seseorang harus bisa mengatur porsi mangga yang hendak mereka santap, mengingat buah ini mengandung lebih dari 150 kalori untuk ukuran sedang. Jika terlalu banyak dikonsumsi, tentu akan mengakibatkan kenaikan berat badan yang tidak Anda inginkan.

Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi mangga tepat setelah menyantap makanan besar. Hal ini akan mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Seorang ahli gizi, Nmami Agarwal mengatakan,

 (Baca Juga:Berburu Kuliner yang Memanjakan Lidah di Bandung)

“Jumlah kalori yang ada pada mangga memang bisa dijadikan sumber energi. Namun jika terlalu berlebihan, kalori tersebut akan tersimpan di dalam tubuh menjadi lemak. Itulah sebabnya mengonsumsi mangga secara berlebihan dapat memicu kenaikan berat badan," ujarnya.

Lebih lanjut Nmami menjelaskan, waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi mangga adalah pada siang hari atau menjelang malam. Anda tidak perlu khawatir kalori akan menumpuk, mengingat akan banyak sekali aktivitas yang dilakukan pada waktu tersebut.

“Hindari konsumsi mangga di malam hari. Selain kalori, mangga juga mengandung gula yang sangat tinggi. Jika dikonsumsi dalam porsi besar justru akan membuat Anda lapar dan menyebabkan makan berlebihan,” tukasnya. Demikian dilansir dari Times of India, Senin (21/5/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini