nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Biasa, Para Pria di Desa Ini Tinggal Serumah dengan 2 Istri Sekaligus

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 18:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 21 406 1900914 tak-biasa-para-pria-di-desa-ini-tinggal-serumah-dengan-2-istri-sekaligus-z9I553H4rj.jpg Desa di kawasan Jaisalmer, India (Foto: Youtube)

PRIA asli Desa Derasar, Jaisalmer, India punya tradisi mengejutkan dalam membangun rumah tangga. Mereka harus menikahi dua wanita dan wajib tinggal serumah dengan dua istrinya sekaligus. Waduh!

Tradisi itu dikenal dengan istilah Ramdeyo-Ki-Basti, yang mengharuskan laki-laki menafkahi dua istrinya. Jika penasaran, wisatawan bebas singgah ke desa itu saat melancong ke India.

Dilansir Timesofindia, Senin (21/5/2018), hampir setengah wilayah dari desa itu didominasi oleh pria beristri dua yang tinggal satu rumah. Berdasarkan data sensus 2011, terdapat 946 populasi yang lahir turun-temurun di sana.

Alasannya mengejutkan, pria asli desa itu harus menikahi dua wanita karena alasan keturunan. Umumnya, masalah kemandulan sering dialami oleh istri pertama. Atau malah ingin mendapatkan anak perempuan dari istri lain. Ini jadi fenomena unik yang sulit dibayangkan. Tapi tradisi ini jadi budaya lama yang tetap dilakukan.

 (Baca Juga:Mau Nikah ala Royal Wedding? Kastil Mewah Chateau Challain di Prancis Jawabannya)


"Istri kedua adalah seperti penjamin untuk anak laki-laki," kata salah satu warga lansia di desa itu.

Beruntungnya, meski hidup dengan dua istri yang umumnya mengundang pertengkaran, mereka malah hidup akur. Hampir tidak pernah ada konflik dan mereka sama-sama saling membantu.

Para wanita di desa tersebut tidak keberatan karena laki-laki menjamin hak yang sama untuk kedua istri mereka. Mereka di sana rela dimadu dan diberi nafkah yang layak.

"Kebetulan ini bukan keinginan, tapi Tuhan berkehendak. Hampir semua pria di desa ini punya dua istri yang tingga serumah," ujar Maulvi Nishru Khan, yang merupakan penduduk desa.

 (Baca Juga:150 Ribu Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Dieng saat Lebaran)

Kedua saudara laki-lakinya, Mohammad Sarif dan Mohammad Kasim, memiliki dua istri. Dia mengungkapkan, Sarif dan istri pertamanya tidak memiliki anak dan karenanya dia menikah lagi.

"Sementara istri pertama Kasim melahirkan anak perempuan. Kemudian dia dikaruniai seorang putra setelah melakukan pernikahan keduanya," bebernya.

Penduduk setempat mengklaim bahwa salah satu cara agar hidupnya akur berumah tangga ialah bisa memasak bersama-sama yang dilakukan oleh dua istri, saling menjaga rahasia keluarga, menjaga keharmonisan satu sama lainnya dan kegiatan lainnya yang menyenangkan.

Meski satu rumah, dapurnya tidak terpisahkan dan mereka hanya tidur di kamar berbeda-beda. Dalam kehidupan sehari-harinya, suaminya cukup adil melayani kedua istrinya. Tak ada cibiran dari keluarga lainnya karena mereka percaya bahwa ini adalah salah satu tradisi nenek moyang yang ada benarnya. Bagaimana menurut Anda?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini