nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kesalahan saat Mandi Paling Umum, Kamu yang Mana?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 21 481 1900904 5-kesalahan-saat-mandi-paling-umum-kamu-yang-mana-NGPT597gI0.jpg Ilustrasi Mandi. (Foto: Reuters)

KITA pasti akan mandi setiap hari untuk membersihkan diri. Namun, siapa sangka mandi setiap hari bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan kulit.

Melansir thehealthsite, Dermatolog Sejal Shah mengatakan, ada beberapa hal yang seharusnya tidak Anda lakukan saat mandi. Berikut adalah 5 kesalahan umum yang sering Anda lakukan saat mandi.

Baca Juga: Orang Kulit Putih Rentan Kena Kanker Kulit, Bagaimana dengan Orang Indonesia?

Mandi air panas

Anda mungkin lebih suka mandi air panas karena otot Anda terasa rileks, akan tetapi mandi air panas bisa menghilangkan minyak alami dari kulit Anda pada saat yang bersamaan. Air panas juga bisa menyebabkan kulit Anda menjadi gatal dan kering. Jika Anda tinggal di tempat yang dingin, pastikan bahwa suhu airnya hangat dan tidak panas.

(Foto: Shutterstock)

Mandi terlalu lama

Anda mungkin menghabiskan waktu mencapai 30 menit di kamar mandi, baik di bawah pancuran atau berendam. Sayangnya, terlalu lama terkena siraman air dapat mengupas minyak alami dan lipid dari kulit Anda, yang membantu memerangkap air untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Jadi cobalah mandir tidak lebih dari 10 menit di kamar mandi.

(Foto: Shutterstock)

Memakai sabun wangi

Sabun dengan wewangian juga mengandung bahan yang dapat menghilangkan kelembapan kulit Anda. Sabun ini juga bisa menyebabkan kekeringan atau kerapuhan kulit yang ekstrim. Sebisa mungkin, hindari sabun yang mengandung paraben, pewarna sintetis, wewangian, natrium lauril sulfat dan formaldehida. Sabun dengan minyak esensial bisa menjadi pilihan yang baik.

(Foto: Shutterstock)

Memakai sikat tubuh lama

Menggunakan sikat yang sudah lama mungkin bukan ide yang luar biasa. Bakteri bisa berkembang biak di sikat tubuh dan puff yang Anda gunakan, oleh karena itu disarankan Anda menggantinya setiap empat minggu. Menggunakan sikat tubuh yang dipenuhi bakteri dapat menyebabkan infeksi dan bisa sangat mengganggu dan gatal.

(Foto: Shutterstock)

Tidak membilas dengan bersih

Selain itu, pastikan Anda membilas sabun dan produk rambut lainnya dengan baik, karena produk yang tertinggal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Juga, bersihkan rambut Anda dengan benar untuk mencegah jerawat punggung.

(Foto: Shutterstock)

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini