nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Separah Apakah Penyakit Hipertiroid dan Masalah Tulang Belakang yang Menyerang Jet Li?

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 20:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 21 481 1900940 separah-apakah-penyakit-hipertiroid-dan-masalah-tulang-belakang-yang-menyerang-jet-li-dThO8kSPXF.jpg Jet Li (Daylife)

LAMA tak muncul di layar kaca, kabar kurang mengenakkan datang dari aktor laga kawakan, Jet Li. Belum lama ini, foto-foto terbaru mengenai kondisi kesehatannya tersebar. Foto itu mengejutkan banyak pihak karena aktor yang jago bela diri itu ternyata terserang penyakit hipertiroid dan memiliki masalah tulang belakangnya.

Dalam foto terbarunya, tampak Jet Li sedang mengunjungi sebuah kuil di Tibet. Di foto itu ia penampilan dan fisiknya tampak lemah sehingga harus dibantu ketika berjalan. Dirinya diketahui pernah mengatakan jika memiliki masalah kaki dan tulang belakang yang membuatnya tidak dapat berdiri tegak terlalu lama. Kesehatan yang menurun itu dipicu karena Jet Li sering mengalami cedera karena tuntutan film.

 Baca juga: Ini Alasan Pangeran Harry Undang Dua Mantannya ke Royal Wedding

Jet Li pertama kali mengalami cedera pada saat berusia 18 tahun. Pada saat itu lututnya robek sehingga mengakibatkan ia harus dioperasi selama 7,5 jam. Dirinya juga pernah mengalami cedera punggung yang serius pada usia 23 tahun. Bahkan pada 2013 lalu, bintang laga itu pernah diperingatkan keras oleh dokter jika ia akan berakhir di kursi roda apabila terus berlaga di film yang membutuhkan ketahanan fisik tinggi.

 Jet Li (SCMP)

Di sisi lain, melansir South China Morning Post, Senin (21/5/2018), aktor yang pernah membintangi sejumlah film Hollywood itu juga pernah mengungkapkan jika dirinya menderita hipertiroidisme lima tahun lalu. Bahkan tahun lalu Jet Li secara gamblang menyatakan jika dirinya telah didiagnosis dengan tiroid yang terlalu aktif. Meskipun ia sudah rutin minum obat untuk mengendalikan penyakit, kondisinya beberapa kali menurun kembali.

 Baca juga: Es Sirsak Warna-warni, Asam dan Manisnya Segarkan Buka Puasa Anda

Hipertiroid menyebabkan perubahan metabolisme dan denyut jantung pada seseorang. Biasanya perawatan penyakit ini dilakukan melalui obat-obatan. Jet Li mengatakan selain meminum obat dirinya memiliki keyakinan yang kuat pada ajaran Buddha. Dirinya memilih untuk melakukan meditasi dan membaca tulisan kitab suci untuk membantu menstabilkan kondisinya.

Kondisi kesehatan Jet Li yang menurun banyak membuat pihak bersedih, terutama dari para penggemarnya. Beberapa penggemar berkomentar, “Dia sangat aktif sebelumnya dan sekarang dia terlihat seperti orang tua,” “Kung fu-nya nyata dan filmnya bagus. Sayang dia menderita penyakit ini,” dan "Saya bahkan tidak bisa mengenalinya,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini