nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Ampuh Cegah Infeksi Tenggorokan saat Puasa

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 04:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 21 481 1900996 ini-cara-ampuh-cegah-infeksi-tenggorokan-saat-puasa-YDzi05NiQ8.jpg Ilustrasi sakit tenggorokan (Foto: Netdoctor)

KESEHATAN tubuh selama di bulan Ramadan harus tetap diperhatikan. Fisik yang kuat dapat membantu umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Akan tetapi, selama bulan ini tubuh juga rentan terkena penyakit.

Ketika puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi selama kurang lebih 14 jam. Kondisi itu membuat sejumlah fungsi tubuh termasuk daya tahan mungkin mengalami penurunan. Hal inilah yang memperbesar kemungkinan seseorang terkena penyakit.

Salah satu penyakit yang sering ditemukan pada bulan puasa adalah sakit tenggorokan. Saat tidak minum, tenggorokan akan menjadi kering. Lalu ketika tiba-tiba terkena makanan atau minuman yang bersuhu panas maupun dingin, tenggorokan dapat menjadi stres dan iritasi. Seperti yang diketahui, banyak orang yang terbiasa langsung meminum es dan memakan gorengan panas ketika berbuka puasa.

 (Baca Juga:Separah Apakah Penyakit Hipertiroid dan Masalah Tulang Belakang yang Menyerang Jet Li?)

Minuman dingin dan minyak dari gorengan dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan yang kering. Pada saat itulah virus dan bakteri dapat dengan cepat menyerang. Maka penting untuk menghindari makanan dan minuman pemicu radang selama puasa.

 

"Ketika berbuka atau sahur, tubuh membutuhkan penyesuaian kembali dengan apa yang masuk ke dalamnya, begitu juga dengan tenggorok. Untuk mencegah infeksi pada tenggorok, pilihlah makanan dan minuman yang sesuai dengan suhu tubuh normal manusia yaitu 37°C," tutur dokter spesialis gizi, dr Fiastuti Witjaksono, SpGK saat ditemui dalam temu media bertema 'Jaga Kesehatan Saat Puasa dengan Menghindari Makanan Pemicu Sakit Tenggorok dan Biasakan Gargle' yang diselenggarakan oleh PT Mundipharma Indonesia.

Ditemui, Senin, 21 Mei 2018 di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, lebih lanjut dr Fiastuti menjelaskan jika masyarakat harus menjaga tenggorokannya karena risiko infeksi yang meningkat.

 (Baca Juga:5 Kesalahan saat Mandi Paling Umum, Kamu yang Mana?)

"Menggunakan obat kumur bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mencegah sakit tenggorokan," imbuhnya. Penggunaan obat kumur juga tidak bisa dilakukan sembarangan.

Obat kumur akan lebih efektif bila digunakan dengan cara gargle. Gargle merupakan cara berkumur yang benar yakni dari rongga mulut hingga pangkal tenggorok. Berkumur dengan cara ini dapat menurunkan risiko penyakit ISPA hingga 36%.

Selain berkumur, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa adalah mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan seimbang.

"Pada saat puasa, waktu makan terbagi menjadi tiga yaitu ketika sahur, berbuka, dan setelah tarawih. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, serta jangan lupa sayur dan buah. Bagilah porsi makan 40% di sahur, 50% di waktu buka, dan 10% setelah tarawih," pungkas dr Fiastuti.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini