nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resmikan Jakarta Fair Kemayoran 2018, Sandiaga Uno Janji Akan Nyanyikan Lagu Reggae

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 12:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 22 12 1901178 resmikan-jakarta-fair-kemayoran-2018-sandiaga-uno-janji-akan-nyanyikan-lagu-reggae-LQDCiUiRu9.jpg Suasana saat temu pers Jakarta Fair Kemayoran 2018 (Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

MENJELANG hari jadi DKI Jakarta ke-491 tahun yang jatuh pada 22 Juni mendatang, PT. Jakarta International Expo (JIExpo) kembali menyelenggarakan event akbar Jakarta Fair Kemayoran 2018. Event ini akan berlangsug selama 40 hari di Area Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai dari 23 Mei hingga 1 Juli 2018.

Seperti diketahui, Jakarta Fair Kemayoran adalah arena festival dan pameran perdagangan yang menjual berbagai produk unggulan dengan balutan atraksi serta hiburan menarik dari para artis maupun penyanyi papan atas Indonesia.

Untuk event tahun ini, JFK 2018 mengusung tema “Jakarta Fair Turut Berjuang Mensukseskan MICE Indonesia Dalam Proses Pembangunan Ekonomi Nasional.” Tema ini diambil karena JFK merupakan salah satu tolak ukur perkembangan industri MICE di Indonesia.

Dalam kata sambutannya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, sempat memaparkan bahwa salah satu hal terpenting dalam penyelenggaraan JFK 2018 adalah penciptaan lapangan kerja yang cukup besar bagi masyarakat Jakarta maupun sekitarnya.

“Sebelum dibuka, JFK sudah mempekerjakan lebih dari 30.000 karyawan baru. Apalagi kalau sudah dibuka nanti. Setiap stand yang totalnya mencapai 2.700 tempat akan diisi oleh 3 orang karyawan. Jadi katakanlah akan ada tambahan 10 ribu lapangan pekerjaan baru selama event berlangsung,” tutur Sandiaga Uno, dalam konferensi pers Jakarta Fair Kemayoran 2018, di JIExpo, Jakarta Pusat, Senin 21 Mei 2018.

Lebih lanjut Sandi menuturkan, event yang digadang-gadang terbesar se-Asia Tenggara itu juga menjadi salah satu tempat berlangsungnya kegiatan ekonomi yang dapat menyentuh akar rumput, seperti UMKM dan industri-industri lokal lainnya.

Selain itu, akan ditampilkan pula berbagai kesenian dan kebudayaan khas Betawi yang secara tidak langsung dapat dijadikan ajang promosi kepada para pengunjung. Sandi pun berharap JFK 2018 dapat menjadi ajang munculnya entrepreneur-entrepreneur baru dan dapat memajukan perekonomian Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

“Dari Pemprov DKI Jakarta sendiri nanti akan ada stand khusus yang diisi oleh berbagai kegiatan menarik, termasuk showcase dari teman-teman yang sudah masuk dalam program Oke Oce. Para pengusaha pemula ini nantinya akan mendapatkan pengalaman baru seperti melakukan kegiatan transaksi dalam sebuah event atau festival bertaraf nasional ini,” imbuhnya.

Lalu, apa saja keuntungan yang didapatkan para pengunjung dari penyelenggaran JFK 2018?

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2700 perusahaan peserta dalam 1500 stand yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan diskon yang sangat menarik. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah usaha kecil, BUMN, serta anjungan pemerintah provinsi dan kabupaten dari berbagai penjuru Tanah Air.

Mengingat jadwal penyelenggaraan JFK 2018 jatuh bertepatan dengan momen Piala Dunia dan Idul Fitri, pihak penyelenggara pun telah menyiapkan berbagai hiburan menarik yang dapat dijajal para pengunjung pameran.

“Selain diskon besar-besaran, kita juga akan menyulap kawasan Gambir Expo yang nantinya bisa digunakan pengunjung untuk menyaksikan seluruh pertandingan Piala dunia 2018, dengan total 64 pertandingan secara live. Porgram ini kita namakan Dunia Pesta Bola,” papar Ralph Scheunemann, Marketing Director PT. Jakarta International Expo (JIExpo).

Ralph menambahkan, di area panggung utama, sejumlah band dan penyanyi papan atas Indonesia juga dijadwalkan tampil di Konser Musik Jakarta Fair 2018, antara lain Slank, Sheila on 7, RAN, Godbless, Ayu Ting Ting, Maliq n D’Essentials, Tonny Q, Endank Soekamti, Tipe X, Superman Is Dead, Jamrud, dan masih banyak lagi.

“Dengar-dengar Pak Wagub nantinya juga akan menyumbangkan sebuah lagu reggae, tapi untuk jadwalnya masih disesuaikan. Ya ini bisa jadi salah satu surprise dari kami,” ujar Ralph seraya tertawa bersama Sandiaga Uno yang duduk tepat di sebelahnya.

Nah, bagi para pencinta kuliner Nusantara jangan berkecil hati. JFK 2018 telah menyiapkan area khusus Kuliner Nusantara berlokasi di Belakang Hall D, dan juga area Kampung Betawi yang menyajikan kuliner khas Betawi serta berbagai stan produk makanan yang tersebar di area open space Jakarta Fair Kemayoran. Lalu terdapat pula area food court yang dapat ditemui di Hall E, area Pasar Malam di depan pintu masuk I.

Untuk jadwalnya sendiri, Jakarta Fair Kemayoran 2018 akan dibuka setiap hari mulai pukul 15-30-22.00 WIB dengan tiket masuk mulai dari Rp25 ribu-Rp30 ribu untuk Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Rp35 ribu untuk Jumat, Sabtu-Minggu.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini