Share

Ternyata, Pekerja Kantoran Lebih 'Liar' Lihat Makanan Gratis

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 22 Mei 2018 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 22 196 1901322 ternyata-pekerja-kantoran-lebih-liar-lihat-makanan-gratis-0tlKqUkB1M.jpg Makanan Gratis (Workdesign)

AYO jujur, ketika ada makanan gratis di kantor, apakah Anda bisa menolaknya? Sejumlah penelitian menemukan bahwa jika terdapat makanan cepat saji ataupun makanan sehat yang dijajakan secara cuma-cuma, sebagian orang cenderung akan tertarik menyantap habis makanan tersebut meski mereka tidak dalam kondisi lapar.

"Ini menyangkut sebuah perilaku, karena ketika hal-hal berada dalam jangkauan dan "gratis", akan memicu "double whammy" dan sangat sulit untuk ditolak," tutur Julie Devinsky, ahli diet klinis di Mount Sinai Hospital, New York, kepada CNBC.

 Baca juga: Pangeran Harry Ternyata Langgar 2 Aturan Kerajaan saat Pernikahannya

Keinginan untuk melakukan perilaku tersebut bisa disebabkan karena seseorang tengah mengalami stres. Sebuah studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, pada 2012 lalu, mengatakan bahwa para pekerja wanita lah yang jauh lebih besar peluangnya menerapkan perilaku itu, mengingat mereka memiliki tingkat kekhawatiran yang lebih tinggi, dibandingkan para pekerja laki-laki.

 Kantoran

Penelitian lainnya menunjukkan, makanan gratis juga lebih menggoda ketika berada dalam "jangkauan tangan". Sejumlah staf The Daily Meal pun sempat mengungkapkan pengalamannya,

"Karena kami bekerja dalam bidang publikasi makanan, jadi hampir di setiap tempat ada makanan. Para staf biasanya membawa dan membagikan pizza, keripik, atau kudapan manis, dan tanpa disadari kami selalu mencicipinya walau dalam beberapa kasus memang diwajibkan untuk urusan editorial. Tapi selebihnya kami mencicipi makanan tersebut karena jangkuannya sangat dekat." ujar salah seorang editor.

 Baca juga; Yuk, Intip Foto Pertama Meghan Markle dan Pangeran Harry Usai Royal Wedding

Perilaku ini tentu akan menimbulkan dampak negatif jika tidak dihentikan, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sehat. Sebagian perusahaan cenderung ingin karyawan mereka mencicipi produk terbaru mereka, bukan memberikan makanan yang dapat menunjang kesehatan mereka.

Bahkan, tak sedikit pula yang sengaja memesan makanan cepat saji hanya karena sebuah alasan klasik yaitu, "praktis". Tentu tampilan hamburger dan pizza jauh leibh menarik dibandingkan semangkuk salad buah atau olahan sandwich yang telah membeku di lemari pendingin.

"Saya tidak pernah diet atau memerhatikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh saya, jadi hal ini tidak jadi masalah. Tetapi setelah tiga bulan saya mencoba menjadi vegan, satu-satunya godaan yang mengganggu pikiran saya adalah ketika ada keju atau pizza gratis di kantor," ungkap seorang editor lainnya.

 Baca juga: Disukai Masyarakat Dunia, Katy Perry Malah Cela Gaun Pernikahan Meghan Markle

Namun sebagian besar karyawan mengaku bahwa makanan gratis itu hanya sebuah selingan di saat kerja. "Bahkan ketika saya tidak lapar, saya akan mencicipi makanan apa pun yang ada di atas meja. Semua orang memakannya, dan itu adalah alasan mengapa saya harus ikut bergabung dengan mereka," tutur salah seorang karyawan. Demikian dilansir dari, The Daily Meal.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini