nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kesalahan yang Harus Anda Hindari saat Menyantap Sushi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 20:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 22 298 1901444 3-kesalahan-yang-harus-anda-hindari-saat-menyantap-sushi-JIgNyGnNbl.jpg Ilustrasi Sushi. (Foto: Reuters)

SUSHI merupakan salah satu olahan makanan laut asal Jepang yang cukup digandrungi oleh para pencinta kuliner di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Meskipun kini sudah banyak restoran sushi yang tersebar di sejumlah daerah, namun masih banyak kesalahan umum yang dilakukan oleh sebagian orang, ketika hendak menyantap makanan bercita rasa gurih dan bertekstur lembut itu.

Nah, agar pengalaman menyantap sushi Anda lebih menyenangkan, berikut Okezone rangkumkan 3 hal penting yang harus Anda ketahui sebelum menyambangi restoran sushi atau memesannya dari rumah. Seperti dilansir dari Mashed, Selasa (22/5/2018).

Baca Juga: Disukai Masyarakat Dunia, Katy Perry Malah Cela Gaun Pernikahan Meghan Markle


Pilih restoran

Seperti makanan khusus lainnya seperti barbeque, pizza, atau chinese food, untuk mendapatkan olahan sushi yang lezat Anda harus memilih restoran yang tepat. Menurut Tablespoon, ada beberapa hal penting yang harus perhatikan sebelum menyambangi restoran sushi.

Pertama, banyak yang mengganggap harga makanan nan mahal secara otomatis akan menjamin kualitas sushi. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Beberapa restoran sushi bahkan menawarkan promo all-you-can-eat dengan kualitas yang tidak kalah dengan restoran berbintang 5.

Kuncinya, Anda harus mengetahui bagaimana pihak restoran mengelola olahan sushi mereka. Perlu diketahui bahwa sejumlah restoran kerap mendinginkan produksi sushi mereka yang tidak habis terjual. Ciri-cirinya Anda bisa mencium bau amis yang keluar saat sushi disajikan.

Baca Juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding

Berkat Sushi & Sashimi, Salmon Norwegia Populer di Indonesia

Jaga sikap

Setelah duduk di meja restoran, sebagian orang cenderung bersikap tidak sopan yang mungkin disebabkan karena rasa lapar telah memuncak. Perlu diketahui bahwa sebagian besar restoran sushi asli Jepang memiliki sejumlah peraturan, dan mereka sangat menjunjung etika makan yang telah mereka lakukan dari zaman dahulu.

Nah, agar Anda tidak menyinggung perasaan para chef, hindari menanyakan pertanyaan-pertanyaan sensitif seperti, apakah olahan sushi mereka benar-benar segar? Selain itu, jangan meninggalkan sisa makanan yang terlalu banyak seolah-olah Anda tidak menyukainya.

Terakhir, hindari menggosok-gosok sumpit karena hal tersebut dapat menimbulkan serpihan-serpihan kayu yang dapat mengontaminasi makanan.

(Foto: Reuters)

Pahami menu

Memilih menu menjadi pilihan yang sulit, apalagi jika Anda termasuk pencinta makanan khas Jepang tersebut. Rasanya semua olahan suhi terasa sangat lezat, hingga Anda tidak sadar telah kalap menyantap habis berbagai jenis sushi yang telah dipesan.

Kebiasaan seperti inilah yang harus Anda hindari. Menurut selebriti koki Nobuyuki Matsuhisa, ada urutan tertentu untuk menikmati olahan sushi. Sama seperti ketika Anda meminum anggur merah sebelum anggur putih.

Dalam dunia kuliner tindakan tersebut merupakan kesalahan besar. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menikmati sushi adalah dengan menyantap olahan ikan yang ringan dan tidak berlemak, setelah itu Anda dapat menikmati olahan ikan yang lebih berlemak, berminyak seperti salmon atau mackerel.

(Foto: Reuters)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini