5 Makanan Enak Tapi Bisa Bikin Pria Cepat Pikun, Kurangi dari Sekarang Ya!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 22 481 1901193 5-makanan-enak-tapi-bisa-bikin-pria-cepat-pikun-kurangi-dari-sekarang-ya-Ig4Xj0xbjd.png Makan popcorn (Foto: Videoblocks)

MAKANAN yang mengandung lemak trans jika dikonsumsi terlalu sering bisa menurunkan daya ingat seseorang. Terlebih, bagi pria yang suka mengonsumi makanan tersebut ada bagusnya mengurangi asupannya.

Tidak hanya menurunkan daya ingat, makanan yang mengandung lemak trans juga bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda. Lemak trans bisa meningkatkan kolesterol buruk dan mengurangi kolesterol baik dalam tubuh.

Di samping itu, dampaknya bisa menyebabkan peradangan dan mengganggu produksi hormon, yang berujung pada gangguan memori. Karena lemak trans juga memperlambat produksi asam lemak omega-3 tubuh, yang memainkan peran penting dalam berfungsinya otak.

 Baca Juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding

Karenanya, Anda harus benar-benar mengurangi kegemaran konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak trans. Apa sajakah itu? Simak lima ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Selasa (22/5/2018).

Aneka kue kering dan cake serba manis

Tak sedikit pria suka ngemil aneka kue kering, seperti cookies cokelat, keju, dan kue lainnya yang tinggi gula. Tak hanya itu, karena berbahan dasar tepung terigu dan telur, diklaim makanan tersebut mengandung lemak trans. Dalam jangka pendek, efeknya mingkin bisa bikin sakit kepala atau sakit gigi bagi sebagian orang. Tapi dalam jangka panjang, efeknya bisa memicu ancaman penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

Popcorn butter

Popcorn yang ditambahkan butter memang rasanya gurih bikin ketagihan. Tapi tahukah Anda, mentega yang menjadi tambahan perasa itu mengandung 0,5 gram lemak trans per porsi. Sementara popcorn rasa karamel mengandung sebanyak 1,5 gram lemak trans. Karenanya, hindari camilan ini meski cukup mengenyangkan perut.

Kentang goreng

Kentang goreng diolah dengan menggunakan minyak goreng hydrogen yang mengandung lemak trans. Diam-diam, ini membahayakan kesehatan Anda. Tapi sayangnya, hampir sebagian pria tak peduli dengan dampak buruk itu, sehingga dirinya suka sekali makan kentang goreng karena praktis dan lezat.

Krimer kopi

Semua pria pasti suka minum kopi, tapi jangan tambahkan krimer susu yang bisa memicu bahaya. Tahukah Anda satu bungkus krimmer kopi mengandung setengah gram lemak trans. Bila dikonsumsi terus-menerus dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Lebih baik Anda minum kopi hitam saja yang malah berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Baca juga: Ternyata Gaun Meghan Markle Punya Kemiripan dengan Pengantin Kerajaan Lain

Pizza


Satu loyang pizza dengan tambahan topping pepperoni, sosis, bacon atau daging sapi, mengandung tinggi lemak trans. Menurut American Heart Association, daging olahan yang dibekukan itu tidak baik dikosnusmi karena bisa membahayakan tubuh. Dalam jangka panjang itu bisa memicu penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya yang berbahaya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini