nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Terlalu Banyak Kopi Bisa Picu Jerawat, Mitos atau Fakta?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 22 481 1901412 minum-terlalu-banyak-kopi-bisa-picu-jerawat-mitos-atau-fakta-pHSx7Hq19W.jpg Ilustrasi Kopi. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI kopi terlalu banyak disinyalir dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Banyak orang pun akhirnya mengurangi konsumsi kopi agar menghindari jerawat.

Namun menurut penelitian, kopi tidak memicu timbulnya jerawat, meskipun bisa memperparah keadaanya. Akan tetapi, hal tersebut sangat tergantung pada jenis bahan tambahan yang Anda campurkan ke dalam kopi dan seberapa banyak Anda mengonsumsinya setiap hari.

Hingga saat ini, memang tidak ada data pasti antara jerawat dengan makanan. Meski begitu, berdasarkan hasil survey, sebagian orang mengklaim bahwa jerawat yang timbul selalu dikaitkan dengan konsumsi kopi berlebihan.

Dilansir dari Food & Wine, Selasa (22/5/2018), memang belum ada penelitian yang dilakukan secara komprehensif apakah konsumsi kopi dapat membuat jerawat bertambah buruk? Tapi ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan, berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga: Disukai Masyarakat Dunia, Katy Perry Malah Cela Gaun Pernikahan Meghan Markle

KEREN!!! Robot Ini Gantikan Fungsi Barista dalam Membuat Kopi

Kafein

Seperti yang kita ketahui bahwa kopi merupakan jenis minuman yang mengandung kafein. Zat inilah yang membuat Anda selalu merasa waspada dan terjaga, namun di sisi lain akan meningkatkan stres di dalam tubuh. Bahkan secangkir besar kopi bisa meningkatkan dua kali lipat kadar stres di dalam tubuh.

Stres tidak menyebabkan jerawat, tetapi akan memperburuk jerawat yang ada. Hormon stres seperti kortisol dapat meningkatkan jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous

Efek kafein juga dapat menghancurkan jadwal tidur Anda. Akibatnya, akan berujung pada kurang tidur yang dapat menimbulkan lebih banyak stres dan memperburuk jerawat Anda.

Baca Juga: Turun Takhta demi Janda hingga Anak Haram, Ini 4 Skandal Menghebohkan Royal Wedding

Sekanak, Kopi yang Rasanya Bisa Bikin Lidah Anda Seakan Bergetar

Susu

Jika salah satu rutinitas yang lakukan Anda setiap hari adalah mengonsumsi latte or cafe con leche, Anda mungkin harus menguranginya untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Sebuah studi menemukan hubungan antara susu dan jerawat, setelah melakukan penelitian kepada 47.000 perawat yang didiagnosis memiliki permasalahan jerawat saat remaja.

Studi ini menjelaskan bahwa perawat dengan tingkat asupan susu yang tinggi, lebih sering mengalami permasalahan jerawat dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan susu terendah.

Para peneliti percaya hormon dalam susu sangat berperan dalam memicu timbulnya jerawat. Sayangnya, penelitian ini hanya dilakukan pada orang dewasa, yang notabennya tidak dapat mengingat dengan detail menu makanan yang selalu mereka konsumsi saat remaja.

Gula

Berapa banyak gula yang Anda campurkan ke dalam kopi setiap hari? Nah, jika Anda adalah tipe orang yang memesan latte, Anda mungkin mendapatkan lebih banyak gula tanpa disadari.

Sebagai gambaran, satu gelas pumpkin-spice latte berukuran grande diketahui memiliki 50 gram gula atau dua kali lipat dari kebutuhan gula yang disarankan. Ini sangat penting untuk diperhatikan, mengingat sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan hubungan antara konsumsi gula dan jerawat.

Diet gula diketahui dapat meningkatkan jumlah insulin yang dikeluarkan oleh tubuh. Lalu, apa yang terjadi setelah pelepasan insulin? Ternyata ada peningkatan produksi hormon insulin-1 (IGF-1) yang diklaim dapat memicu timbulnya jerawat.

https://img-z.okeinfo.net/library/images/2018/05/09/bnbxazkl5m1w5ii00bwg_21634.jpg

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini