Obati Rambut Rontok dengan Minyak Ini, Yuk Dicoba

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 22 481 1901437 obati-rambut-rontok-dengan-minyak-ini-yuk-dicoba-ATjpVkxxK9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RAMBUT adalah mahkota bagi seorang wanita. Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Produk perawatan rambut dengan berbagai merk juga dijual di pasaran untuk jenis-jenis masalah rambut yang berbeda mulai dari masalah ketombe hingga rambut rontok.

Masalah utama rambut yang paling ditakuti adalah rambut rontok. Kenapa? Karena rambut rontok adalah masalah serius yang bisa menyebabkan kebotakan bahkan saat Anda masih muda. Kerontokan yang parah membuat rambut semakin menipis dan pada saatnya akan hilang semua secara perlahan.

Rambut rontok disebabkan oleh beberapa masalah, dan yang paling umum adalah stres, kekurangan nutrisi, ketombe, minyak berlebihan pada kulit kepala, penyakit, ketidakseimbangan hormone tiroid, serta kerusakan rambut.

Baca Juga: Pangeran Harry dan Meghan Tunda Bulan Madu, Ini Sebabnya!

Penataan seperti pewarnaan, meluruskan dan mengeriting rambut yang dilakukan dengan bahan kimia yang ada di produk penataan rambut tersebut, menjadikannya rusak sehingga membutuhkan nutrisi.

Selain itu, ketidakseimbangan hormon selama menopause, atau pasca-kehamilan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Produk perawatan rambut di pasaran bahkan tidak mampu untuk menanggulangi masalah ini karena sudah dicampur dengan bahan lainnya, sehingga Anda membutuhkan perawatan rambut rontok dengan bahan alami.

Dilansir dari Times Of India, Anda bisa membuat minyak sendiri untuk membantu mengatasi kerontokan rambut. Minyak ini juga mampu membuat rambut Anda sehat dan berkilau dalam waktu singkat.

Baca Juga: Berulang Tahun di Hari Pemakaman Istri, Inilah Ungkapan Hati Rasyid Rajasa

Minyak Urang Aring

Urang Aring adalah ramuan herbal ayurveda, yang telah digunakan sebagai bahan perawatan rambut penting sejak zaman dahulu. Sejarah mengatakan bahwa Urang Aring memperlambat proses penuaan rambut dan membantu meremajakannya, khususnya jika Anda mengaplikasikannya dalam bentuk minyak. Minyak ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga memicu pertumbuhan rambut.

Cara membuat

Panaskan secangkir minyak kelapa di dalam wajan, lalu ambil segenggam daun urang aring dan cincang halus atau satu sendok makan bubuk urang aring dan tambahkan ke minyak kelapa.

Tambahkan satu sendok teh biji fenugreek (methi dana), dan panaskan campuran selama sekitar lima menit. Setelah selesai, diamkan beberapa saat hingga ramuan minyak menjadi dingin. Setelah campuran mendingin, saring dan simpan dalam wadah.

(Foto: TimesofIndia)

Tambahkan bahan rahasia

Tambahkan satu sendok makan shikakai ke minyak buatan sendiri, untuk meningkatkan efek minya urang-aring. Menambahkan shikakai juga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi produksi sebum berlebih di kulit kepala. Shikakai sendiri, adalah tumbuhan herbal yang sudah lama dikenal manfaatnya untuk kesehatan rambut.

Cara pakai

Panaskan minyak buatan tersebut selama setengah menit. Sekarang, oleskan minyak pada rambut dan kulit kepala Anda, dan pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar.

Pijat rambut selama 20 menit dan diamkan selama satu jam. Lalu cuci rambut bekas minyak dengan sampo Anda biasanya maka selesai perawatannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini