Rekaman Suara "Yanny VS Laurel" Terbongkar! Orang Ini Ternyata Perekamnya dan Membongkar Apa Kata yang Paling Tepat!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 23 196 1901569 rekaman-suara-yanny-vs-laurel-terbongkar-orang-ini-ternyata-perekamnya-dan-membongkar-apa-kata-yang-paling-tepat-z1W87XZUUR.jpeg Yanny vs Lauriel (Foto: VT)

PERDEBATAN Yanny vs Laurel masih terjadi di beberapa kelompok di media sosial. Perdebatan panjang ini bahkan memecah belah kelompok netizen.

Dampak dahsyat ini dianggap lebih besar dibandingkan dengan perdebatan dress berwarna biru atau silver beberapa tahun lalu. Debat "Yanny vs Laurel" ini pun akhirnya selesai setelah seseorang angkat bicara di media sosial dan dia adalah orang di balik suara "membingungkan" dunia tersebut.

Dilansir dari VT, suara di balik debat kusir ini merupakan milik Jay Aubrey Jones. Dia menceritakan bahwa rekaman yang sekarang viral itu merupakan bagian dari sebuah projek di vocabulary.com. Di program tersebut, Jay diminta untuk mengucapkan kata demi kata dan "Yanny vs Laurel" ini pun mencuat seketika.

Padahal, perlu Anda ketahui, rekaman tersebut, menurut Jay, dibuat pada 2007. Ya, sudah cukup lama sebetulnya rekaman tersebut ada. Namun, tidak tahu bagaimana, rekaman kata tersebut bocor dan membuat kegaduhan di media sosial.

Jay menjelaskan, saat kasus ini keluar, dirinya hanya ketawa geli menanggapi. "Saya tahu kata apa yang sebenarnya terucap di rekaman tersebut dan saya kaget mengapa kemudian warganet sangat ramai menentukan pilihan, Yanny atau Laurel?" kata Jay.

Kemudian, dengan tegasnya Jay menjelaskan bahwa rekaman suara tersebut adalah pelafalan kata "Laurel". So, jika Anda tim Laurel, selamat atas kemenangan ini. Hehe

Sementara itu, jika Jay bersikeras bahwa dia mengatakan Laurel, mengapa begitu banyak orang masih bisa mendengar Yanny?

"Ini semua bicara mengenai otak," kata Dr Kevin Franck, direktur audiologi di Massachusetts Eye and Ear. "Fakta bahwa otak bekerja dalam satu cara dan beberapa otak masuk dengan cara lain bahwa kita semua hanya memiliki sedikit perbedaan berdasarkan pengalaman," terangnya.

"Otak dibangun untuk mengubah sinyal yang berantakan menjadi makna," katanya. "Itu tidak akan memberi Anda ambiguitas," sambung dia.

Jay sendiri mengatakan bahwa dia mendengar Laurel, tetapi juga dapat mendeteksi "sedikit jejak Yanny". Jadi, jangan merasa terlalu kecewa jika Anda baru saja terbukti salah, karena bahkan pembicara aslinya pun dapat melihat mengapa campur aduk terjadi.

Jadi, jika Anda berada di timLaurel selama ini, selamat: Anda telah mendapatkan tepukan diri di belakang dan rasa puas diri yang pantas untuk setidaknya beberapa menit berikutnya atau lebih. Tapi, jika Anda adalah tim Yanny, bagaimanapun, Anda tidak selalu salah - hanya saja telinga Anda merasakan suara sedikit berbeda dengan lainnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini