nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kakek 69 Tahun Ini Berhasil Taklukan Puncak Everest, Tanpa Kedua Kakinya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 15:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 23 196 1901679 kakek-69-tahun-ini-berhasil-taklukan-puncak-everest-tanpa-kedua-kakinya-TCcwLDXcfI.jpg Xia Boy. (Foto: Qz)

KEHILANGAN dua kaki tidak menyurutkan kakek bernama Xia Boyu untuk menaklukkan puncak tertinggi dunia, Gunung Everest. Tidak hanya sekali, pria berusia 69 tahun itu mencoba mencapai puncak sebanyak lima kali di mana empat ekspedisi terakhir dilakukan ketika kakinya sudah diamputasi.

Xia pertama kali menaklukkan puncak Everest pada 1975 sebagai bagian dari ekspedisi yang didukung Pemerintah China. Namun, sekira 250 meter (m) dari puncak, timnya terhempas oleh cuaca buruk. Mereka akhirnya terjebak selama 3 hari 2 malam di Gunung Everest.

Tim akhirnya memutuskan untuk turun dan berusaha mencapai puncak di waktu lain. Dalam perjalanan balik, Xia memberi kantong tidurnya kepada rekan yang kondisinya lebih buruk. Kebaikan hati ini malah berdampak buruk kepada Xia. Dia pun harus kehilangan bagian bawah kedua kakinya karena frostbite.

Baca Juga: Pertobatan Lelaki Ateis di Bulan Ramadan Setelah 11 Tahun Belajar Islam

(Foto: Foxnews)

Pada 1996, dia didiagnosa menderita lymphoma, salah satu bentuk dari kanker darah. Kedua kakinya kembali diamputasi, kali ini bagian dari lutut ke atas. Pukulan telak itu tidak menyurutkan semangatnya untuk menaklukkan puncak tertinggi dunia.

“Memanjat Gunung Everest adalah mimpiku. Saya harus membuatnya nyata demi tantangan pribadi, tantangan takdir,” ucap Xia Boyu, melansir dari Oddity Central, Rabu (23/5/2018).

Dua dekade setelah kehilangan kakinya akibat frostbite, Xia Boyu kembali melatih tubuhnya agar siap mendaki Everest sekali lagi. Cita-citanya hampir terwujud pada 2014-2016. Pada tiga kesempatan itu, lagi-lagi Xia Boyu harus mengurungkan niatnya karena cuaca buruk. Padahal, dia hanya selangkah lagi mencapai puncak.

Baca Juga: Selain Berakting, Nicky Tirta Juga Jago Masak Lho!

(Foto: Reuters)

Pada 2017, ketika Xia berupaya mencapai puncak untuk kelima kalinya, pemerintah Nepal justru mengeluarkan peraturan baru yang melarang kaum difabel dan pendaki solo untuk menaklukkan Everest. Xia jelas panik karena impiannya terancam musnah.

Beruntung, Mahkamah Agung Nepal membatalkan peraturan tersebut. Xia akhirnya berhasil mewujudkan mimpi yang sudah lama tertunda pada awal Mei lalu, di upayanya yang kelima. Dia menjadi orang kedua setelah Mark Inglis yang mencapai puncak Everest pada 2006 dalam keadaan kedua kaki diamputasi.

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini