nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kontrol Risiko Obesitas Selama Ramadan dengan 7 Cara Ini

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 17:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 23 481 1901702 kontrol-risiko-obesitas-selama-ramadan-dengan-7-cara-ini-R6QNV1sAez.jpg Ilustrasi Obesitas. (Foto: Shutterstock)

OBESITAS atau kelebihan berat badan bisa dialami siapa saja, terlebih saat Ramadan. Penyebabnya, tidak lain karena sulit mengontrol pola makan dan jarang beraktivitas fisik.

Tidak cuma itu, penyebab lain dari pemicu obesitas yakni karena faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, stres, hingga kondisi medis tertentu yang menyebabkan berat badan selalu tidak stabil. Oleh karena itu, berusahalah untuk menghindarinya supaya tidak berdampak buruk dalam jangka panjang.

Mulai sekarang, lakukan kebiasaan baik yang dapat membuat Anda bisa mencegah pemicu obesitas. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Rabu (23/5/2018).

Baca Juga: Pertobatan Lelaki Ateis di Bulan Ramadan Setelah 11 Tahun Belajar Islam

1. Perbanyak asupan protein

Makanan yang mengandung protein pada dasarnya mudah dicerna. Anda yang rutin mengonsumsinya juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tak hanya itu, sumber protein tersebut juga identik rendah kalori dan membuat perut Anda kenyang tahan lama.

Nah, faktor inilah yang membuat Anda mudah menghindari risiko obesitas. Adapun makanan bersumber protein tersebut antara lain telur, aneka ikan, daging, tempe, tahu, kacang-kacangan dan banyak jenis lainnya.

2. Batasi konsumsi makanan manis

Makanan manis dikenal jahat bagi tubuh, karena makanan ini sulit dicerna oleh tubuh, yang nantinya juga memicu diabetes tipe-2. Sayangnya, tak banyak orang menyadarinya, karena makanan manis bikin orang ketagihan.

Agar jauh dari risiko obesitas, jauhi aneka makanan olahan seperti sereal, sayuran kaleng, roti, camilan gurih, kue, dan biskuit.

Baca Juga: Selain Berakting, Nicky Tirta Juga Jago Masak Lho!


3. Minum banyak air putih

Minum air putih tidak hanya menghidrasi tubuh Anda, tapi juga bisa membakar kalori tubuh. Anda harus memerangi obesitas dengan cara ini. Dengan banyak minum air putih, bisa membantu Anda mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi kembung.

4. Batasi asupan karbohidrat dalam makanan olahan

Jenis makanan seperti daging beku, mentega, kue kering, makanan ringan, hingga pasta adalah golongan makanan yang bersumber karbohidrat. Tapi kalau dikonsumsi berlebihan, makanan ini mudah memicu obesitas.

Karenanya, Anda harus mengurangi asupan makanan ini agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan Anda secara menyeluruh.

5. Minum teh hijau

Tak diragukan, secangkir teh hijau mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan detoksifikasi tubuh dengan baik. Setiap hari Anda harus melakukan ini, supaya jauh dari risiko obesitas dan membuat hidup Anda lebih bugar dan jauh dari penyakit lainnya.

6. Makan yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang merupakan bakteri hidup untuk menjaga kesehatan usus. Nantinya jelas bisa menjaga sistem pencernaan agar fungsinya tetap baik. Di samping itu, terbiasa makan yoghurt juga membuat Anda jauh dari gangguan sistem pencernaan, seperti sembelit. Sekaligus manfaat lainnya yakni menekan nafsu makan secara alamiah.

7. Perbanyak makan buah dan sayuran

Serat dalam sayuran dan buah-buahan baik juga untuk melawan risiko obesitas. Sebab, dua bahan pangan ini merupakan sumber antioksidan yang membantu menurunkan berat badan. Di samping itu, sayuran dan buah-buahan juga mengandung serat larut yang mudah dicerna.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini