nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suka Minum Air Es Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 17:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 23 481 1901837 suka-minum-air-es-bikin-gemuk-ini-faktanya-0DTRD4LLrR.jpg Minum air es (Foto: Youtube)

MINUM air es tentunya akan sangat menyegarkan. Apalagi jika meminumnya di tengah cuaca panas atau setelah lelah bekerja. Terkadang stamina akan terasa penuh kembali ketika Anda meminum air es. Meski demikian, hingga saat ini masih ada masyarakat yang pro dan kontra dengan bahaya meminum air es.

Ada mitos yang mengatakan bahwa meminum air es bisa menyebabkan gemuk. Sebagian orang memang mempercayai hal tersebut berdasarkan logika. Namun, apa jadinya bila mitos ini dijelaskan secara medis.

Sebagaimana diketahui, semua makanan yang kita konsumsi akan masuk ke lambung dan usus. Suhu dalam tubuh lebih tinggi daripada permukaan kulit, sehingga semua makanan berlemak akan larut saat masuk ke dalam sistem pencernaan. Selain itu, rongga pencernaan manusia juga akan menyesuaikan suhu tubuh. Jadi lemak akan tetap masuk ke dalam usus dan diserap oleh tubuh.

 Baca Juga: Pertobatan Lelaki Ateis di Bulan Ramadan Setelah 11 Tahun Belajar Islam

Penjelasan medis ini telah menjawab bahwa minum air es tidak akan membuat Anda gemuk. Justru minuman manis yang menyebabkan Anda gemuk. Mitos lainnya mengatakan bahwa minum air es bisa menimbulkan nyeri dan tidak nyaman pada gigi.

Faktanya, gigi manusia memang memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda beda terhadap rasa dingin. Namun, yang membuat mulut Anda tidak nyaman saat meminum air es adalah karena lemak sisa makanan yang menempel pada bagian mulut.

 

Tanpa disadari sebagian besar makanan yang kita makan mengandung lemak. Ketika Anda minum air es saat makan makanan berlemak, suhu dingin menyebabkan lemak membeku di sela-sela gigi dan menimbulkan rasa yang tidak enak di bagian rongga mulut.

Mitos lainnya mengatakan jika ibu hamil kerap mengonsumsi air es, maka bayi yang dikandungnya akan lahir dengan ukuran besar. Kenyataannya, air es sama sekali tidak mempengaruhi ukuran bayi. Ukuran bayi ditentukan berdasarkan asupan makanan yang dikonsumsi ibunya selama kehamilan.

 Baca Juga: Selain Berakting, Nicky Tirta Juga Jago Masak Lho!

Semakin cukup nutrisi makanan yang diberikan sang ibu, membuat sang bayi kian sehat dan lahir dengan berat badan ideal. Dokter hanya menyarankan bagi para ibu hamil untuk tidak sering minum air es. Pasalnya ibu hamil mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk, mengingat daya tahan tubuh mereka yang menurun.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini