nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Anak Sering Mimisan Bisa Jadi Kena Leukimia

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 19:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 23 481 1901838 hati-hati-anak-sering-mimisan-bisa-jadi-kena-leukimia-RPIfAvIZmM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orangtua tentu dilanda rasa panik bila anak mereka tiba-tiba mengalami gangguan kondisi kesehatan. Salah satu hal yang mungkin terjadi adalah mimisan. Meskipun mimisan biasa terjadi pada anak-anak, pasti ada orangtua yang merasa khawatir.

Mimisan adalah peristiwa keluarnya darah dari hidung. Mimisan bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba. Kondisi ini, bisa disebabkan oleh udara kering, alergi, atau cedera pada hidung.

Hidung manusia terdiri dari beberapa bagian. Bila dilihat menggunakan senter, di dalam hidung terdapat benjolan-benjolan merah yang disebut konka. Konka berisi pembuluh darah yang sangat banyak, di mana fungsinya untuk mengidealkan udara yang hendak masuk ke sistem pernapasan.

Baca Juga: Orangtua Gugat Putranya karena Masih Tinggal Menumpang

(Foto: Shutterstock)

Pada anak-anak, dinding konka lebih rapuh sehingga lebih mudah mengalami mimisan. Begitu juga dengan anak-anak yang memiliki bakat alergi dari orangtuanya.

"Dinding konka menjadi lebih rapuh lagi, sehingga lebih rentan mengalami mimisan," jelas dokter spesialis anak, dr Darmawan B. Setyanto, Sp. A (K) saat ditemui di kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut dr Darmawan menjelaskan, mimisan terkadang terjadi secara spontan, tidak selalu harus berpanas-panasan dahulu. "Bisa tiba-tiba pas lagi main handphone darahnya ngucur. Kalau ada riwayat alergian kemudian sering mimisan itu wajar saja," imbuhnya.

Baca Juga: 5 Tempat Seru untuk Ngabuburit Sambil Berolahraga, Yuk Intip!

(Foto: Shutterstock)

Walau begitu, orangtua tetap harus memerhatikan kondisi anak saat sedang mimisan. Mimisan berulang dapat menunjukkan kondisi medis lain yang signifikan seperti leukimia sehingga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Segeralah bawa anak ke dokter bila mimisan terjadi lebih dari 30 menit atau lebih dari sekali selama seminggu.

"Kalau terlalu sering mimisan, nanti darahnya bisa habis. Selain itu, kalau yang tadinya jarang mimisan kok menjadi sering kemudian tidak ada alergian, nah itu yang mengundang perhatian mungkin ada sesuatu yang lain," pungkas dr Darmawan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini