nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Handphone Merusak Kulit Diam-Diam, Yuk Disimak

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 24 Mei 2018 03:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 23 481 1901883 5-cara-handphone-merusak-kulit-diam-diam-yuk-disimak-yjtZs6gp4l.jpg Ilustrasi Tidur. (Foto: TimesofIndia)

MENDAPATKAN beauty sleep yang optimal rasanya menjadi hal yang cukup sulit untuk didapatkan bagi masyarakat urban di kota besar seperti Jakarta.

Tidak hanya karena padatnya kesibukan pekerjaan, kehidupan pergaulan sosial, namun juga salah satunya karena selalu munculnya notifikasi di handphone, yang mengakibatkan kita malah tidak bisa tidur, karena terus mengamati handphone hingga larut malam.

Nah, tahukah Anda bahwa kebiasaan menggunakan handphone hingga larut malam mengganggu waktu tidur Anda, akibatnya pun dapat berkontribusi merusak kulit juga? Menyitat Timesofindia, baca dulu yuk penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Orangtua Gugat Putranya karena Masih Tinggal Menumpang

(Foto: Shutterstock)

1. Mengganggu pola tidur

Tidak peduli seberapa lelah dan mengantuknya diri Anda, jika terus-terusan melihat memegang handphone di malam hari nyatanya hanya akan membuat tidur menjadi terhambat.

Lampu ponsel disebutkan dapat benar-benar merusak ritme tidur, akhirnya membuat diri jadi lebih sulit untuk tidur bahkan setelah ponsel dimatikan. Dengan kurang tidur, kulit menjadi cenderung kehilangan kelembaban, membuat kulit dehidrasi dan bahkan sampai bisa kusam.

2. Membuat Kecanduan

Jika Anda termasuk dalam kategori orang yang tidak dapat hidup tanpa smartphone, maka bisa jadi Anda sudah mengalami kecanduan ponsel. Ketakutan akan 'tidak ada ponsel' dan ingin memeriksa semua notifikasi yang masuk ini dinamakan Nomophobia.

Pada akhirnya, sindrom ini menyebabkan stres datang dan akan berdampak pada kulit dan menyebabkan kulit berjerawat. Ditambah lagi, panas yang dihasilkan oleh ponsel dapat menyebabkan bintik hitam serta hiperpigmentasi pada kulit.

Baca Juga: Berasal dari Bahasa Sunda, Ini Arti dari Ngabuburit!

3. Menimbulkan kerutan

Sadarkah ketika melihat layar handphone, kita sering mengerenyitkan mata sedikit? Kebiasaan ini bisa menjadi salah satu faktor timbulnya kerutan-kerutan di sisi luar lipatan mata (crow’s feet).

Usaha untuk bisa melihat huruf yang kecil pada layar handphone, itulah sebabnya mata berkontraksi lebih banyak dengan otot untuk fokus lebih baik. Semua ini menyebabkan penuaan dini, yang bisa memicu kerutan di sekitar mata.

(Foto: TimesofIndia)

4. Kulit kusam

Terus-terusan melakukan aktivitas dengan handphone membuat diri menjadi lelah, walaupun mungkin tidak melakukan banyak aktivitas fisik. Kelelahan inilah yang membuat akhirnya kulit bisa terlihat kusam dan capai sepanjang waktu.

5. Jerawat

Sudah tahu belum jika handphone itu adalah magnet ideal untuk tempat berkembangnya paparan bakteri di siang hari? Di setiap menjawab panggilan telepon yang masuk, posisi menempelkan handphone ke area kulit maka ini artinya kuman bisa masuk ke kulit, yang mana hal ini menyebabkan timbulnya jerawat.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini