nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Kulit Terkelupas Tak Boleh Ditarik

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 20:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 23 481 1901907 ini-alasan-kulit-terkelupas-tak-boleh-ditarik-DGLGVKUzTd.jpg (Foto: Beauty and Style)

TAHUKAH Anda bila berada di luar ruangan hanya selama 15 menit tetapi terpapar sinar matahari langsung sudah dapat membuat kulit terbakar? Kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari biasanya akan berwarna merah. Kulit juga bisa menjadi kering, bersisik, dan mengelupas.

"Ada berbagai tingkat keparahan kulit terbakar. Jika kulit sampai terkelupas, maka tingkatannya adalah ringan sampai sedang," ungkap seorang asisten profesor klinis, Gabriel Neal, MD seperti dikutip dari Health, Kamis (24/5/2018). Efek sinar matahari pada kulit biasanya akan muncul beberapa jam kemudian.

Sinar matahari memicu reaksi kimia pada kulit yang menghasilkan lebih banyak pigmen di atas sel-sel kulit untuk melindungi DNA dari kerusakan. Warna dan sengatan akibat sinar matahari biasanya hilang dalam waktu 3-10 hari dan ditandai dengan kulit yang mengelupas.

"Matahari telah menyebabkan kerusakan DNA pada sel-sel kulit yang terbakar dan kemudian sel-sel itu bunuh diri. Sel-sel kulit mati itu kemudian mengelupas tanpa disadari," ungkap Dr Gabriel.

 

Pada saat kulit terkelupas, kebanyakan orang tergoda ingin mengelupasnya sendiri. Cara ini tentu bukan ide bagus karena dapat memperparah kondisi kulit dan malah meningkatkan risiko infeksi.

"Hal terburuk untuk dilakukan adalah mencabut kulit mati menggunakan tangan. Sebab hal itu akan menekan sel-sel kulit yang tidak siap untuk ditarik dan meningkatkan risiko infeksi dan jaringan parut," jelas seorang ahli dermatologi.

Baca Juga: Selain Berakting, Nicky Tirta Juga Jago Masak Lho!

Sebagai gantinya apabila Anda terganggu dengan kulit mengelupas, cobalah memakai lulur atau menyikat kulit dengan pelan seminggu setelah terbakar. Selain itu, gunakan pelembap untuk merehidrasi kulit karena sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering. Waktu terbaik untuk mengoleskan pelembap adalah tepat setelah mandi.

 

Baca Juga: Pertobatan Lelaki Ateis di Bulan Ramadan Setelah 11 Tahun Belajar Islam

Biar kondisi tersebut tidak terjadi lagi di lain hari, pastikan Anda sudah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya dengan SPF 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan. Kenakan juga pakaian yang pas seperti jaket atau kaus lengan panjang, kacamata, dan topi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini